Kata Sandi Terburuk 2017

Ilustrasi password (digwork.com)
23 Desember 2017 19:10 WIB Redaksi Solopos Teknologi Share :

Inilah kata sandi terburuk 2017.

Solopos.com, SOLO – Kata sandi bersifat pribadi. Hal ini pula yang membuat sebagian orang memilih padanan huruf yang mudah diingat. Tapi, perlu diingat menggunakan kata sandi yang mudah ditebak membuat media sosial mudah diretas.

Setidaknya ada 150.000 orang Amerika tidak kreatif memasang sandi. Splash Data seperti dikabarkan Suara.com mengungkap kata sandi terkonyol tahun ini di mana password, “12345678”, “qwerty” dan “12345” merupakan kata sandi paling banyak digunakan.

Sementara kata sandi “starwars" menempati urutan ke-16 pada Top 100 kata sandi terburuk di tahun 2017.

"Sayangnya, sementara film ini tengah tayang di berbagai belahan dunia, menjadikan “starwars” sebagai kata sandi adalah hal yang berbahaya," kata Morgan Slain, CEO Splash Data.

Alasannya, kata Slain, para hacker menggunakan istilah umum dari budaya pop dan olahraga untuk masuk ke akun secara online karena mereka tahu banyak orang menggunakan kata-kata yang mudah diingat.

Kata sandi buruk lainnya yang paling banyak digunakan antara lain "Letmein" (No. 7), "login" (No. 14), "trustno1" (No. 25), dan "fuckyou" berada di urutan 52.

Institut Nasional Standar dan Teknologi Amerika Serikat mencatat bahwa orang cenderung menggunakan kata sandi yang mudah ditebak karena manusia hanya memiliki kemampuan terbatas untuk menghafal karakter yang rumit.

Tokopedia