Benarkah We Chat Simpan Obrolan Pengguna?

03 Januari 2018 22:45 WIB Teknologi Share :

We Chat dikabarkan menyimpan obrolan pengguna, benarkah?

Solopos.com, SOLO – Aplikasi pesan We Chat dikabarkan menyimpan riwayat obrolan pengguna. Seorang pengusaha papan atas meyakini aplikasi milik Tencent ini memantau akun semua orang.

Menanggapi tudingan tersebut We Chat dengan tegas membantahnya. Mereka menyebutkan pesan yang dikirim hanya tersimpan pada ponsel dan komputer pengguna.

"We Chat tidak menyimpan riwayat obrolan pengguna mana pun. Itu hanya tersimpan pada ponsel, komputer dan terminal lainnya," kata We Chat dalam sebuah posting-an di platform media sosial, dikutip Antara dari Reuters, Selasa (2/1/2018).

"We Chat tidak akan menggunakan konten dari obrolan pengguna untuk analisis data. Karena model teknis We Chat yang tidak menyimpan atau menganalisis obrolan pengguna, rumor bahwa "kami mengawasi We Chat Anda setiap hari" adalah murni kesalahpahaman," sambung We Chat.

Bos Geely, pemilik merek mobil Volvo, Lu Shufu, mengatakan kepada media China pada Senin (1/1/2018) bahwa bos Tencent Ma Huateng "mengawasi semua We Chat kami setiap hari."

Seperti semua platform media sosial di China, We Chat diharuskan menyensor posting-an publik yang dianggap "ilegal" oleh Partai Komunis.

Kebijakan privasi We Chat menyebutkan pengungkapan informasi pengguna kemungkinan diperlukan "sebagai tanggapan atas permintaan dari otoritas pemerintah, badan penegak hukum atau badan serupa."

Sayangnya, We Chat tidak menanggapi permintaan komentar lebih lanjut mengenai hal itu.