Uji Ketelitian Siswa, Sekolah Beri Soal Tuliskan Nama Lengkap Guru

18 Januari 2018 10:45 WIB Muhammad Rizal Fikri Teknologi Share :

Sebuah tes ujian akhir di Tiongkok viral karena soal yang unik.

Solopos.com, SICHUAN – Murid-murid sebuah sekolah vokasi di Sichuan, Tiongkok, dibuat heran dengan pertanyaan yang muncul di ujian akhir mereka. Para murid diminta mengidentifikasi foto gurunya dan menuliskan nama sang guru. Meski tak dapat nilai tambahan bagi yang bisa, mereka yang tak bisa menjawab akan mendapat pengurangan nilai sekitar 30% dari nilai yang didapat.

Dilansir BBC dari China Youth Daily, Selasa (16/1/2018), pertanyaan unik tersebut muncul di tes akhir semester di Sichuan Vocational College of Culture and Communication. Para murid diberi selembar kertas yang berisi foto tujuh orang. Mereka diminta memilih mana foto gurunya dan menuliskan nama lengkap sang guru.

Mereka yang mampu menjawab tidak mendapat nilai ekstra, tapi apes bagi yang tak bisa menjawab. Mereka akan mendapat pengurangan nilai sekitar 30% dari nilai akhir mereka.

Kepada BTime, salah satu guru bernama Hu Teng menjelaskan tes unik seperti itu baru pertama kali dilakukan di sekolah vokasi tersebut dan memiliki tujuan yang dianggap pengelola sekolah penting. “Tujuan soal tersebut adalah untuk menilai sikap para murid terkait kegiatan belajar mengajar. Kami ingin mengetahui tingkat perhatian murid kepada para guru,” jelas Hu Teng.

Hu Teng juga menjelaskan apabila banyak murid yang tak bisa menuliskan nama gurunya, kemungkinan besar mereka tak tertarik dengan pelajaran.

Hal ini sontak viral di media sosial (medsos) Weibo. Ada yang menyebut soal itu mengada-ada, namun ada juga yang memberi dukungan.

“Mengingat nama orang adalah salah satu bentuk kesopanan,” ucap seorang warganet.

“Kalau murid tak pernah masuk kelas, mereka pasti tak tahu nama guru mereka. Jadi itu pertanyaan bagus!” tulis warganet lain.