Rilis 2018 di Indonesia, Apa Saja Keunggulan Nokia 8?

18 Januari 2018 11:02 WIB Jafar Sodiq Assegaf Teknologi Share :

Flagship Nokia 8 bakal segera masuk di pasar Indonesia pada 2018 ini.

Solopos.com, JAKARTA – Jauh sebelum era smartphone, Nokia telah 14 tahun menjadi brand ponsel terbesar di dunia. Beragam produk ponsel seperti Nokia 6600, 7610, dan N90 menjadi ikonik di zamannya. Sayang kejayaan Nokia tergerus Android dan Apple di era gawai pintar.

Singkat cerita, Nokia sempat diakuisisi oleh Microsoft pada tahun 2013 sebelum akhirnya menjadi bagian dari HMD Global Oy yang merupakan penerus bisnis dari Microsoft Mobile.

Berfokus pada produksi smartphone dan tablet, di tangan HMD, Nokia kini bangkit kembali dalam bentuk smartphone berbasis Android. Sederet smartphone seperti Nokia 3, 5, dan 6, disiapkan. Di lini flagship ada Nokia 8 yang dirilis 17 Agustus 2017 silam, di London, Inggris.

Diperkirakan akan masuk ke pasar Indonesia di tahun 2018 ini, Nokia 8 siap bersaing dengan vendor flagship smartphone seperti Samsung dan Apple.

Lantas, apa saja yang menjadi keunggulan sekaligus andalan Nokia 8 untuk masuk ke pasar Indonesia?

Spesifikasi High-end

Nokia 8 dibekali dengan chipset dan prosesor kelas atas terbaru dari Qualcomm yaitu Snapdragon 835 Octa-Core, yang terkenal dengan kemampuannya dalam meningkatkan performa grafis serta daya tahan baterai pada smartphone. Nokia 8 juga memiliki RAM 4 GB dan memori internal 64 GB yang didukung dengan tambahan microSD hingga 256 GB.

Dari segi desain, Nokia 8 memiliki layar berukuran 5,3 inci beresolusi Ultra HD. Didominasi dengan bahan alumunium series 6000 pada bodinya, layar flagship smartphone yang satu ini juga telah dilengkapi dengan Corning Gorilla Glass 5. Dengan spesifikasi tersebut, selain tipis, nyaman, dan mantap di genggaman, Nokia 8 juga tentunya memiliki daya tahan yang lebih tinggi terhadap goresan dan kerusakan.

Fitur Kamera Mumpuni

Tak mau kalah dari kompetitornya, HMD Global juga turut menyematkan fitur kamera ganda pada kamera belakang Nokia 8. Kedua lensa pada kamera belakangnya memiliki resolusi yang sama yaitu 13 megapiksel dengan aperture f/2.0, fitur PDAF (Phase Detection Auto-Focus), dan dual tone flash.

Satu lensanya berfungsi untuk menangkap ketajaman warna, sedangkan lensa yang satunya lagi berfungsi untuk menangkap mode black and white. Sementara untuk kamera depan memiliki resolusi 13 megapiksel dengan aperture f/2.0, fitur PDAF dan display flash.

Lensa yang digunakan pada kamera Nokia 8, baik kamera depan atau pun kamera belakang, merupakan lensa Carl Zeiss yang diproduksi oleh Microsoft. Nokia 8 merupakan smartphone Android pertama yang menggunakan lensa ini. Sebelumnya, lensa Carl Zeiss hanya digunakan oleh smartphone berbasis Windows dan Symbian.

Android Oreo, Fitur Bothie, dan OZO Audio

Nokia 8 merupakan salah satu dari deretan flagship smartphone yang telah mendapatkan sistem operasi Android Oreo. Dengan kapasitas baterai sekitar 3090 mAh, fitur Background Limits yang ada pada Android Oreo tentu akan bekerja maksimal pada Nokia 8.

Kedua kamera pada Nokia 8 yang telah didukung dengan kemampuan merekam video 4K, dilengkapi juga dengan fitur Bothie atau Dual-Sight. Fitur ini merupakan teknologi yang membuat kedua kamera Nokia 8 dapat bekerja bersamaan dalam menangkap gambar dan merekam video. Tentunya, fitur ini akan memberikan pengalaman fotografi sekaligus videografi yang lebih menarik. Cocok untuk livestreaming khas media sosial masa kini!

Kemampuan yang mumpuni ini dilengkapi juga dengan penyematan sistem audio OZO pada Nokia 8. Dikenal sebagai teknologi yang digunakan pada dunia perfilman Hollywood, teknologi audio OZO memiliki 3 mikrofon dengan kemampuan perekaman 360 derajat yang tentunya dapat menghasilkan suara yang sangat baik dan jernih pada Nokia 8.

Harga Lebih “Terjangkau” Dibanding dengan Kompetitor

Untuk pasar Eropa, Nokia 8 dibanderol dengan harga sekitar 550 – 600 Euro atau sekitar Rp9 – 10 jutaan. Sementara itu, untuk pasar Asia, Malaysia merupakan negara Asia yang pertama kali didatangi oleh Nokia 8. Beredar kabar bahwa harga Nokia 8 lebih “murah” di Malaysia, yaitu sekitar Rp7 jutaan.

Belum diketahui pasti tanggal rilis dan peresmian Nokia 8 di pasar Indonesia. Namun, berdasarkan kisaran tersebut, tentu harga Nokia 8 sebagai flagship smartphone dengan spesifikasi yang mumpuni terbilang cukup “terjangkau” jika dibandingkan dengan Galaxy Note 8 atau pun iPhone X yang mencapai Rp 20 jutaan.

Hadir dalam empat pilihan warna, yaitu Tempered Blue, Polished Blue, Polished Cooper, dan Steel, bagi Anda yang ingin bernostalgia dengan Nokia, Anda bisa bersiap-siap untuk membeli flagship smartphone Nokia yang satu ini ketika resmi dirilis di Indonesia.

Walaupun harganya masih ramah di kantong, tidak ada salahnya Anda membeli dengan cara kredit hp online tanpa kartu kredit melalui https://www.kredivo.com">https://www.kredivo.com. Anda bisa mendaftar sekarang melalui aplikasi Kredivo yang bisa diunduh di Google Play Store atau pun App Store.

Proses pendaftaran dan pengajuannya serba online, mudah, dan cepat. Cukup unggah foto KTP, sambungkan satu akun e-commerce yang telah memiliki riwayat transaksi, dan sambungkan akun internet banking, maka Anda tinggal menunggu proses persetujuan. Tenang, Anda hanya perlu menunggu 1 x 24 jam untuk proses approval aplikasi.

Setelah disetujui, Anda bisa langsung menikmati fasilitas kredit hp online tanpa kartu kredit dari Kredivo dengan pilihan tenor 3, 6 hingga 12 bulan untuk membeli Nokia 9. Jangan khawatir, bunga yang dikenakan paling rendah dibandingkan perusahaan pembiayaan lainnya, yaitu sebesar 2,95%.  Menariknya lagi, tidak ada DP, biaya admin, biaya tahunan, atau pun biaya tambahan lainnya jika Anda kredit hp online dengan Kredivo.