Google Doodle Rayakan Ultah Sergei Eisenstein

22 Januari 2018 11:10 WIB Jafar Sodiq Assegaf Teknologi Share :

Sergei Eisentein lahir tepat 22 Januari 1898, Riga, Latvia, dan meninggal pada 11 Februari 1948, di Moskwa, Rusia.

Solopos.com, SOLO -- Hari ini, 22 Januari 2018, merupakan Ulang Tahun ke 120 Sergei Eisenstein. Perayaan ulang tahun legenda dunia itu, ikut menghiasi google doodle hari ini.

Sergei Mikhailovich Eisenstein adalah sutradara film Soviet Rusia yang revolusioner yang terkenal pada film Strike, Kapal Perang Potemkin dan October, dan juga Alexander Nevsky dan Ivan the Terrible.

Dia dijuluki sebagai bapak Montase karena menjadi pelopor teknik montase, dalam teknik penyuntingan film. Montase sendiri merupakan teknik dimana serangkaian shot berdurasi pendek disusun membentuk sebuah sekuens utuh untuk memadatkan ruang, waktu, dan informasi, sekaligus meneruskan kesan tertentu.

Sergei Eisentein lahir tepat 22 Januari 1898, Riga, Latvia, dan meninggal pada 11 Februari 1948, di Moskwa, Rusia.

Anak dari pasangan Mikhail Eisenstein, Julia Eisenstein ini juga membuat beberapa judul buku antaralain Film form, The Film Sense, Notes of a Film Director.

Sosok Sergei hari ini tampil di Google Doodle di antara guntingan film hitam putih yang membentuk “Google". Gambar tersebut menggunakan jenis gif dimana bisa bergerak meskipun tidak banyak.

Tokopedia