Whatsapp Uji Coba Fitur Pembayaran Langsung Lewat Aplikasi

23 Januari 2018 14:45 WIB Teknologi Share :

Sebelumnya, Whatsapp telah merilis Whatsapp Business di beberapa negara termasuk Indonesia.

Solopos.com, NEW DELHI – Whatsapp kembali menguji fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pembayaran melalui aplikasinya. Fitur tersebut kabarnya akan diuji di sebagian kecil pengguna di India.

Dilansir The Next Web, Senin (22/1/2018), fitur pembayaran dalam aplikasi ini akan semakin menjadikan Whatsapp menyaingi aplikasi lainnya termasuk pemain utama di sektor pembayaran mobile.

Fitur baru Whatsapp ini diuji dengan sistem Unified Payments Interface (UPI) di India. Fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk transfer uang secara instan antar bank bahkan tanpa biaya.

Kabar ini muncul setelah Whatsapp merilis Whatsapp Business di beberapa negara. Sumber yang dikutip FactorDaily mencatat bahwa permabayan melalui aplikasi itu hanya pembayaran peer-to-peer.

Layanan serupa juga telah ditempuh Google melalui Tez di India dengan menggunakan sistem yang sama. Google Tez sendiri telah dirilis pada September lalu.

Demi mengembangkan fitur ini, Whatsapp kabarnya bekerjasama dengan bank-bank ternama India seperti HDFC Bank, ICICI Bank, Axis Bank dan State Bank of India.

Laporan mengklaim bahwa fitur itu tengah mencapai pengujian beta bersama salah satu bank mitra Whatsapp. Keduanya menguji berbagai aspek integrasi, utamanya untuk kemanan transaksi.

Fitur pembayaran di Whatsapp sejatinya telah mencuat sejak April 2017, namun tak juga dirilis hingga saat ini. Laporan ini menjadi indikasi bahwa fitur itu semakin dekat untuk benar-benar dirilis Whatsapp.

Perusahaan sendiri belum memberikan tanggapannya terkait bocoran ini. Fitur pembayaran di WhatsApp kabarnya akan tersedia di India pada awal bulan depan.

Sebelumnya, Whatsapp telah merilis Whatsapp Business di beberapa negara termasuk Indonesia. Fitur ini memungkinkan pelaku bisnis untuk terhubung dengan mudah dengan konsumen.

Hadirnya fitur pembayaran melalui aplikasi, tentu akan semakin membuat WhatsApp Business diminati pengguna.