Mesir Pindahkan Patung Ramses II

26 Januari 2018 16:45 WIB Septina Arifiani Teknologi Share :

Mesir memindahkan patung Ramses II ke museum baru.

Solopos.com, KAIRO – Mesir memindahkan patung Firaun Ramses II di museum baru di Kairo, Kamis (25/1/2018). Satu band militer memainkan musik saat patung 83 ton itu perlahan dipindahkan kira-kira 400 meter ke tempat dengan bingkai logam khusus yang dibangun di belakang dua trailer raksasa.

Monumen ikonik berusia 3.200 tahun itu akan mulai menyambut pengunjung Grand Egyptian Museum dekat piramida Giza saat dijadwalkan dibuka secara parsial dalam 12 bulan mendatang, setelah bertahun-tahun penundaan. Baca juga: http://solopos.com/?p=811165">Mesir Resmikan Patung Kuno Raksasa Ramses II

"Patung raksasa Ramses II berdiri di atrium untuk menjaga museum terbesar di dunia, seperti yang terjadi di zaman dahulu di Kuil Agung Ptah di Memphis," kata Menteri Barang Antik Khaled al Enany pada upacara pembukaan, sebagaimana dilansir Antara, Jumat.

Museum baru tersebut -- yang akan berisi harta karun memesona termasuk kereta dan tempat tidur raja kecil Tutankhamun -- baru 70 persen selesai setelah sekitar 16 tahun dikerjakan dan sudah menelan biaya lebih dari US$1 miliar (sekitar Rp13,3 triliun). Baca juga: http://solopos.com/?p=703677">Terungkap, Firaun Ramses III Dikeroyok Sebelum Terbunuh

Patung granit pink Ramses setinggi 12 meter itu sudah menyinggahi beberapa tempat sejak dibuat di pertambangan Aswan di bagian selatan Mesir sekitar tiga milenia lalu.

Semula patung itu berdiri di depan Kuil Agung Ptah sekitar 10 kilometer selatan daerah yang sekarang Kairo sebelum ditemukan oleh arkeolog tahun 1820.

Tahun 1955, Presiden Gamal Abdel Nasser memerintahkan pemindahannya ke satu lapangan di depan stasiun kereta Kairo namun kemudian dipindahkan ke lokasi museum baru setelah puluhan tahun berdiri di tengah asap kendaraan bermotor.

Ramses II, yang juga dikenal sebagai Ramses Agung, memerintah Mesir selama 68 tahun dari 1279 sampai 1213 SM, dan diyakini hidup sampai usia 90 tahun.

Tokopedia