GOOGLE DOODLE: Jasa Wilder Penfield: Bedah Tengkorak Demi Sembuhkan Epilepsi

26 Januari 2018 15:10 WIB Muhammad Rizal Fikri Teknologi Share :

Google doodle hari ini rayakan ultah ahli syaraf dan ahli bedah Wilder Graves Penfield.

Solopos.com, SOLO – Hari ini, Jumat (26/1/2018), Google Doodle merayakan ulang tahun ke-127 seorang pria bernama Wilder Graves Penfield. Dalam ilustrasi Google Doodle-nya, terdapat gambar otak, kira-kira apakah jasa Wilder sampai hari lahirnya diperingati Google?

Wilder Graves Penfield adalah pria keturunan Amerika Serikat-Kanada yang lahir di Washington, Amerika Serikat pada 26 Januari 1891. Dia meninggal di Montreal, Quebec, Kanada, 5 April 1976 di usia 85 tahun.

Dilansir Vox, Jumat (26/1/2018), Wilder adalah ahli bedah syaraf yang menjadi pelopor operasi bedah tengkorak, di mana pasien dibuat tetap sadar dan harus sadar selama operasi. Untuk kasus penderita epilepsi, Wilder membedah otak pasien dan menghilangkan secuil tulang tengkorak saat pasien sepenuhnya sadar.

Metode Wilder itu disebut dengan Prosedur Montreal yang dikembangkan 1930-an. Dengan metode membedah tengkorak pasien, Wilder menemukan lokasi penyebab serangan epilepsi dan mengambilnya. Dengan metode tersebut Widler berhasil meringankan serangan epilepsi pada pasien.

[caption id="attachment_888635" align="aligncenter" width="370"]http://images.harianjogja.com/2018/01/Wilder-Penfield-saat-menggambar-jadingan-otak-Mc-Gill-University.jpg">http://images.harianjogja.com/2018/01/Wilder-Penfield-saat-menggambar-jadingan-otak-Mc-Gill-University-370x194.jpg" alt="Wilder Penfield saat menggambar jadingan otak (Mc Gill University)" width="370" height="194" /> Wilder Penfield saat menggambar jadingan otak (Mc Gill University)[/caption]

Status pasien yang sadar saat tengkoraknya dibuka adalah salah satu syarat penting untuk kesuksesan operasi. Dalam kasus epilespsi, biasanya serangan berasal dari jaringan otak yang rusak. Dengan kesadaran pasien saat dioperasi, bisa menghindari rusaknya jaringan otak lainnya.

Saat dioperasi, Wilder biasa menaruh elektroda kecil di permukaan otak. Apabila jaringan yang berhubungan dengan jari tersentuh, pasien bisa langsung melaporkan kalau tangannya kebas atau mati rasa.

Peta Bentuk Otak Lebih Komperhensif

Selain menyumbang pengetahuan baru terkait penanganan epilepsi, Prosedur Montreal juga memberi pengetahuan tentang peta otak secara mendetail. Rangsangan elektrik yang digunakan selama operasi akan memberi pemahaman baru tentang fungsi-fungsi jaringan otak. Hal itu kemudian dipetakan oleh Wilder sehingga menjadi peta lengkap tentang otak.

Berkat jasa-jasanya, Wilder mendapat penghargaan National Historic Person dari pemerintah Kanada pada 1988. Penghargaan tersebut diberikan pada tokoh-tokoh yang dianggap memberi sumbangsih bagi negara Kanada. Pada 1991, Canada Post merilis prangko dengan foto Wilder untuk mengenang jasa-jasanya.