Apple Bakal “Adopsi” Fitur Whatsapp Bussiness

28 Januari 2018 12:45 WIB Teknologi Share :

Apple dalam mengubah komunikasi B2C, pembayaran, dan layanan pelanggan ke platform pesannya sendiri.

Solopos.com, NEW YORK – Apple yang sedang mempersiapkan fitur baru di iMessage yang disebut-sebut mirip Whatsapp Bussiness. Fitur itu memungkinkan konsumen untuk mengobrol langsung dengan perusahaan melalui platform pesan Apple.

Dilansir TechCrunch mengutip Business Chat, Jumat (26/1/2017), fitur Apple ini diumumkan perusahaan tahun lalu dalam Apple's Worldwide Developer Conference. Fitur ini memungkinakan konsumen berkomunikasi dengan perwakilan perusahaan di iMessage, melakukan pembayaran melalui Apple Pay dan menjadwalakan pertemuan bergantung pada kebutuhan bisnis.

Ini merupakan langkah Apple dalam mengubah komunikasi B2C, pembayaran, dan layanan pelanggan ke platform pesannya sendiri. iMessage sendiri memang terbilang jarang digunakan apalagi untuk komunikasi bisnis. Meski begitu, prilaku ini bisa dengan mudah berubah.

Permintaan untuk perpesanan bisnis berkembang tak hanya di Amerika Serikat (AS) namun juga di pasar negara berkembang. Fakta bahwa mayoritas konsumen menyukai berkirim pesan bisnis ketimbang layanan pelanggan juga turut mendorong hadirnya perpesanan bisnis.

Meski begitu bukan berarti Apple akan melenggang begitu saja, memikat pengguna dengan Business Chat-nya. Pasalnya ukuran dan skala platform yang dimilikinya masih terbilang kecil.

Sebagai pembanding, Facebook Messenger misalnya telah memiliki sekira 1,3 miliar pengguna di aplikasinya yang terhubung dengan Facebook sehingga pengguna bisa lebih luas mengepakkan sayap bisnisnya.

Tahun lalu Facebook mengatakan bahwa 80% dari 65 juta bisnis aktifnya menggunakan Messenger untuk menjangkau pelanggan. Hal ini juga telah memperluas komunikasi B2C di Instagram.

Sementara Whatsapp memang baru saja melebarkan sayapnya dengan menghadirkan Whatsapp Business. Meski begitu, layanannya kini memiliki 1,3 miliar pengguna dan mampu memikat pengguna di pasar negara berkembang.

Belum lagi Google sebagai tempat mencari informasi hingga Twitter yang biasanya menjadi tempat curhat konsumen.

Keunggulan Imessage yakni tidak mengharuskan pengguna menginstal aplikasi secara terpisah. Apple juga memiliki layanan pembayaran built-in yakni Apple Pay yang dapat mempermudah transaksi.

Apple mengatakan Business Chat besutannya akan diluncurkan bersamaan dengan rilis publik IOS 11.3 musim semi ini.

Tokopedia