Tiga Fitur Samsung Galaxy S9 dan S9+ Terungkap

30 Januari 2018 13:45 WIB Teknologi Share :

Intelligent Scan, stiker 3D dan sebuah modus kamera baru yang dinamakan Tag Shot menjadi fitur Samsung Galaxy S9 dan S9+.

Solopos.com, SEOUL – Galaxy S9 dan S9+ tengah disiapkan oleh Samsung menjelang peluncurannya di event Mobile World Congress (MWC) 2018. Sebelum Galaxy S9 dirilis, terungkap tiga fitur yang tampaknya hadir pada ponsel anyar tersebut.

Dilansir Venturebeat, Senin (29/1/2018), fitur yang mungkin disertakan dalam ponsel itu antara lain Intelligent Scan, stiker 3D dan sebuah modus kamera baru yang dinamakan Tag Shot.

Informasi ini hadir dalam bentuk APK teardown dari aplikasi Settings terbaru pada Android Oreo beta terbaru untuk Samsung Galaxy Note 8. Fitur-fitur ini kabarnya bisa hadir sebagai update untuk S8, S8+ dan Note 8, namun kemungkinan fitur ini juga hadir untuk Galaxy S9 dan S9+.

Khusus untuk fitur Intelligent Scan, fitur ini disebut-sebut bakal bersaing dengan Apple Face ID. Fitur tersebut bisa diandalkan dan mengenali dengan baik siapa yang mencoba untuk membuka ponsel. Teknologi tersebut diklaim mumpuni meski dalam kondisi pencahayaan apapun.

Sementara untuk stiker 3D, fitur ini memungkinkan pengguna menambahkan stiker atau gambar ke foto yang diambil dengan dual kamera. Pengguna juga bisa mengatur kedalaman stiker maupun gambar itu.

Untuk fitur Tag shot, fitur ini memungkinkan pengguna mengambil gambar dan menandai foto dengan lokasi terkini serta informasi mengenai cuaca. Meskipun demikian, Samsung telah menuliskan peringatan terkait fitur Tag shot.

"Mode kamera ini akan melampirkan, menanamkan, dan menyimpan data lokasi geografis dan informasi cuaca di setiap gambar yang Anda ambil. Hati-hati saat Anda mengirim, berbagi, mendistribusikan, mentransmisikan, atau menyalin foto-foto ini karena berisi informasi tentang di mana gambar itu diambil," tulis perusahaan.

Selain dari fitur-fitur yang disebutkan di atas, rupanya ada fitur lainnya seperti Smart stay dan Smart rotation. Akan tetapi, fitur-fitur ini sudah ada pada perangkat Samsung sebelumnya. Boleh jadi fitur tersebut akan kembali dimunculkan pada perangkat terbaru.