Facebook Blokir Iklan Bitcoin

02 Februari 2018 15:10 WIB Teknologi Share :

Facebook mengakui bahwa bitcoin memang menarik banyak minat pengguna.

Solopos.com, CALIFORNIA – Bitcoin kini menjadi uang digital yang banyak digandrungi berbagai kalangan. Betapa tidak, salah satu uang digital ini harganya terus melonjak meski beberapa kali sempat menurun.

Dilansir The New York Times, Kamis (1/2/2018), meski digandrungi, Facebook memutuskan untuk memblokir semua iklan Bitcoin atau cryptocurrency lain dari platform-nya. Hal ini ditempuh demi menghentikan promosi yang dinilai kerap dikaitkan praktik promosi yang menyesatkan atau menipu.

Facebook mengakui bahwa bitcoin memang menarik banyak minat pengguna. Namun justru hal tersebut menjadi celah yang kerap digunakan penjahat untuk menipu pengguna yang masih awam dan memiliki minat berinvestasi bitcoin.

Berdasarkan kebijakan baru Facebook itu, tak akan ada lagi iklan dari pertukaran mata uang digital atau penawaran perdana koin (ICO) yang diizinkan perusahaan. Beberapa pengguna yang terdampak dari keputusan Facebook ini yaitu James Altucher, dimana iklannya sempat viral dan menyebabkan penipuan dengan fluktuasi harga yang liar.

Keputusan Facebook ini juga melindungi aplikasi dari pelaku tindakan negatif, sebagaimana perusahaan menangani penyebaran informasi palsu atau hoax.

Direktur manajemen produk Facebook - Rob Leathern, mengumumkan larangan iklan cryptocurrency dalam sebuah posting-an di blog. Ia mengatakan larangan itu sengaja ditempuh secara luas karena Facebook berupaya untuk mendeteksi praktik periklanan yang lebih baik dan menyesatkan.

Tak hanya di Facebook, perusahaan mengatakan akan memperketat pemilahan konten di Instagram. Artinya, bitcoin dan uang digital lainnya juga terlarang di aplikasi berbagi foto tersebut.

"... penegakan hukum akan mulai meningkat di seluruh platform kami termasuk Facebook, Audience Network dan Instagram. Kami akan meninjau ulang kebijakan ini dan bagaimana kami menerapkannya saat sinyal kami membaik,” ujar Facebook.