PILKADA 2018 : BBM Siapkan Tanda "Verified" untuk Akun Calon Kepala Daerah

02 Februari 2018 17:00 WIB Teknologi Share :

BBM akan memberikan tanda "verified" untuk akun-akun resmi para calon kepala daerah di Pilkaada 2018.

Solopos.com, JAKARTA -- Layanan over the top (OTT) global BBM tengah menyiapkan fitur khusus bernama verified berupa centang biru pada akun BBM calon kepala daerah ?untuk memastikan akun tersebut resmi milik calon kepala daerah.

General Manager Business Development Commerce & Payment BBM, Anondo Wicaksono, mengemukakan BBM membuat fitur tersebut agar tidak ada lagi berita palsu atau hoax yang beredar dan mengatasnamakan calon kepala daerah tertentu. Hal ini untuk mencegah dampak-dampak buruk yang berpotensi meluas ke publik.

Menurutnya, untuk mendapatkan fitur tersebut, setiap calon kepala daerah harus melaporkan akun BBM-nya terlebih dulu pada Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) untuk diverifikasi. Selanjutnya, Kemkominfo akan memberikan nama akun asli itu kepada BBM untuk segera diberikan centang biru untuk memastikan akun tersebut asli.

"?Kami sudah ada teknologi untuk verified itu. Jadi nanti rencananya adalah Kominfo akan menginfokan ke kami dan memberikan list mana yang ingin mereka ingin verified, jadi itu akan menjadi akun resmi kepala daerah itu," tuturnya, Jumat (2/2/2018).

Dia mengatakan BBM kini masih menunggu Kemkominfo untuk memberi info nama akun BBM calon kepala daerah yang ingin diverifikasi. Menurut Anondo, hal tersebut merupakan langkah kongkrit yang diberikan platform BBM untuk meminimalisir berita palsu yang semakin marak beredar di Indonesia.

"Kami masih menunggu dari Kemkominfo untuk memberikan list akun BBM calon kepala daerah. Ini langkah kongkrit kami untuk mendukung pemerintah agar pemilihan kepala daerah berlangsung tanpa adanya berita hoax," katanya.

Tokopedia