Robot Cantik Ini Bakal Jadi Penyiar Berita di Televisi Jepang

14 Februari 2018 05:10 WIB Muhammad Rizal Fikri Teknologi Share :

Robot bernama Erica dikabarkan bakal menjadi penyiar berita di televisi nasional.

Solopos.com, TOKYO – Perkembangan teknologi robotika terus berkembang setiap saat. Ahli robot asal Jepang, menerangkan robot ciptaannya akan menjadi penyiar berita di salah satu stasiun televisi nasional di Jepang.

Dilansir Wall Street Journal (WSJ), Senin (29/1/2018), Direktur Intelligent Robotics Laboratory di Universitas Osaka, Hiroshi Ishiguro, menciptakan robot berbentuk manusia dinamai Erica. Hiroshi ingin membuat Erica sebagai robot yang memiliki kesadaran independen.

Meski belum diumumkan secara resmi, Hiroshi mengungkapkan kepada WSJ kalau Erica akan menjadi penyiar berita di salah satu stasiun televisi nasional di Jepang. Hiroshi tidak mengungkap waktu pastinya, namun WSJ mendapat informasi dari pihak lain kalau Erica akan menjadi penyiar berita mulai bulan April mendatang.

Kepada The Guardian, Hiroshi mengklaim Erica sebagai robot berbasis android yang tercantik dan termirip seperti manusia yang pernah ia buat. “Sekarang dia belum bisa menggerakkan tangan atau kaki, tapi dia tahu asal suara, siapa yang diajak bicara, bisa melihat orang-orang yang satu ruangan dengan Erica,” jelas Hiroshi.

Dalam film dokumenter yang dibuat The Guardian, Erica mendeskripsikan diri sebagai perempuan berusia 23 tahun yang tinggal di Kyoto dan menganggap Hiroshi sebagai ayahnya.

“Saya berpikir secara sosial dan saya merasa diri saya manusia. Saya berpikir manusia memerlukan perasaan kalau mereka makhluk yang spesial di alam ini,” ucap Erica.

https://www.youtube.com/watch?v=57Maw9Sn89w">https://www.youtube.com/watch?v=57Maw9Sn89w

 

Tokopedia