Akses Wikipedia Tak Lagi Gratis

21 Februari 2018 03:10 WIB Teknologi Share :

Sebelumnya, situs Wikipedia sendiri bisa diakses secara bebas tanpa mengkonsumsi data mobile pengguna.

Solopos.com, NE W YORK – Wikimedia Foundation mengumumkan akan menyelesaikan program Wikipedia Zero (program gratis) di tahun ini. Imbasnya, laman Wikipedia bakal tak bisa diakses secara gratis lagi.

Wikipedia menjadi salah satu situs terpopuler di berbagai negara. Pasalnya situs ini menyediakan berbagai artikel pengetahuan yang kerap dijadikan sebagai referensi.

Situs Wikipedia sendiri bisa diakses secara bebas tanpa mengkonsumsi data mobile pengguna. Namun kini, Wikipedia tak bisa lagi diakses secara gratis sebagaimana biasanya.

Hal ini dilakukan seiring berakhirnya kemitraan Wikipedia dengan 97 operator seluler di 72 negara yang menghapus biaya data untuk mengakses ensiklopedia secara online.

Dirilis pada 2012, program Wikipedia Zero menyediakan akses gratis ke lebih dari 800 juta orang di negara-negara berkembang seperti Myanmar dan Nepal. Namun kini diakui Wikimedia Foundation bahwa biaya data meningkat seiring berkembangnya industri dengan capat di era digital.

“Untuk menciptakan semua pengetahuan dunia, kami memerlukan partisipasi dari dunia. Tapi kami tahu ada banyak hambatan untuk mewujudkan visi ini, keterjangkauan harga hanya salah satunya saja,” kata Wikimedia Foundation dalam sebuah posting blog yang dikutip CNet, Selasa (20/2/2018).

Selain itu, dorongan untuk zero-rating di negara-negara berkembang juga telha membuat dukungan publik Wikipedia terkait netralitas menjadi rumit. Konsep netralitas bersih mendikte semua trafik internet harus diperlakukan sama, dan operator seharusnya tidak menawarkan akses murah atau lebih cepat ke situs-situs tertentu secara online.

Wikimedia Foundation berkata Wikipedia Zero bukanlah program komersial dan tidak melibatkan pertukaran pembayaran atau pemberian hak eksklusif kepada operator.

Namun, chief culture and talent officer di Wikimedia Foundation - Gayle Karen Young, pada 2014 mengatakan bahwa organisasi tersebut memiliki hubungan yang rumit dengan netralitas bersih.

"Kami percaya pada netralitas bersih di Amerika. Bermitra dengan perusahaan telekomunikasi dalam hubungan dekat, ini mengaburkan garis netralitas bersih di wilayah-wilayah tersebut, namun memenuhi misi keseluruhan kita, yang memberikan pengetahuan gratis," katanya.

Meski akhirnya program akses gratis Wikipedia dihentikan, organisasi itu akan mengexplorasi lebih banyak cara untuk melayani negara berkembang, termasuk dengan kampanye yang dirancang untuk meningkatkan kesadaran akan misi Wikipedia di berbagai negara.

"Keberhasilan ini telah memberi kami beberapa gagasan untuk membuat kemitraan kami selanjutnya... dan di tahun yang akan datang, kami akan mengeksplorasi cara lain untuk memanfaatkan temuan dari penelitian kami dan program Zero Wikipedia untuk mengarahkan masa depan bersama dengan mitra," ujar Wikimedia Foundation.

Tokopedia