Aplikasi Chatting Paling Banyak Digunakan Masyarakat Indonesia

21 Februari 2018 10:45 WIB Teknologi Share :

Chatting menjadi layanan paling banyak digunakan warganet Indonesia.

Solopos.com, SOLO – Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), merilis Survei Penetrasi dan Perilaku Internet Indonesia 2017. Dalam hasil survei tersebut disebutkan beberapa layanan aplikasi chatting paling banyak digunakan masyarakat Indonesia.

Sekretaris Jenderal APJII, Henri Kasyfi Soemartono, mengungkapkan chatting menjadi layanan yang paling banyak digunakan warganet, dengan persentase 89,35 persen.

"Sebagian besar orang menggunakan layanan chatting saat membuka Internet. Beberapa aplikasi yang sering digunakan antara lain Whatsapp, Line, dan Wechat," katanya di Jakarta, Senin (19/2/2018), seperti dilansir http://Suara.com">Suara.com.

Layanan kedua yang paling banyak digunakan warganet adalah media sosial dengan persentase 87,13 persen. Menurut Henri, warganet Indonesia suka mengunggah beragam kegiatan di profil media sosial mereka.

Khusus untuk media sosial, lanjut Henri, juga semakin menjadi pilihan untuk melakukan aktivitas jual-beli

"Posisi ketiga ditempati oleh layanan mesin pencari. Selanjutnya, posisi keempat dan kelima diisi oleh pencarian gambar dan menonton video," lanjutnya.

Berbicara soal perangkat yang paling banyak digunakan, APJII menemukan, smartphone masih menjadi favorit. Sebanyak 44 persen responden menggunakan smartphone untuk mengakses Internet.

"Hanya sebagian kecil yang hanya menggunakan komputer untuk mengakses Internet. Tren ini terjadi di daerah urban dan rural," jelasnya.