Lebih Canggih di Sektor Kamera, Ini Spesifikasi Samsung Galaxy S9 dan S9+

26 Februari 2018 18:10 WIB Teknologi Share :

Galaxy S9 memakai RAM 4 GB sedangkan S9+ pakai 6 GB.

Solopos.com, SEOUL – http://www.solopos.com/?s=Samsung">Samsung akhirnya meluncurkan http://www.solopos.com/?s=Galaxy+S9">Galaxy S9 dan S9+ yang selama ini banyak dirumorkan. Sebagaimana rumor sebelumnya, duo smartphone ini mengedepankan fitur kamera yang dirancang dengan teknologi perusahaan.

Dilansir ZDNet, Senin (26/2/2018) WIB, dalam ajang peluncurannya, Galaxy S9 dan S9+ dipamerkan oleh Head IT and Mobile Communication Division Samsung, DJ Koh. Bos smartphone Samsung itu juga sesumbar bahwa fungsi utama dari smartphone bukanlah melakukan telefon melainkan menangkap dan menciptakan momen atau konten menggunakan smartphone mereka.

(Baca Juga: http://www.solopos.com/2018/02/23/harga-samsung-galaxy-s9-diprediksi-rp141-jutaan-897200">Harga Samsung Galaxy S9 Diprediksi Rp14,1 Jutaan)

Rumor yang berkembang sebelumnya tampak senada dengan spesifikasi yang diusung Samsung Galaxy S9 dan S9+. Dapur pacu smartphone terbaru Samsung ini menggunakan chipset Snapdragon 845 dan Exynos 9810.

Galaxy S9 mengusung RAM 4GB yang dikombinasikan dengan media penyimpanan internal 64GB. Sementara Galaxy S9+ hadir dengan RAM yang lebih lega yakni 6GB dengan kombinasi memori internal yang sama.

Dari sisi desain, Galaxy S9 dilengkapi dengan layar Super Amoled berukuran 5,8 inci. Varian S9+ sendiri layarnya lebih lega yakni berbentang 6,2 inci. Keduanya mengusung layar lega dengan bezel tipis atau Infinity Display.

Duo smartphone terbaru Samsung ini berjalan dengan sistem operasi Android terbaru Oreo 8.0. Galaxy S9 dan S9+ juga mengusung sistem keamanan yang sama yakni menggunakan pemindain sidik jari yang ditempatkan di bagian belakang ponsel. Dukungan keamanan lainnya yakni pemindai iris sebagaimana diadopsi oleh pendahulunya.

(Baca Juga: http://www.solopos.com/2018/02/26/mirip-iphone-x-samsung-galaxy-s9-dan-s9-plus-dibekali-fitur-ar-emoji-897917">Mirip Iphone X, Samsung Galaxy S9 dan S9 Plus Dibekali Fitur AR Emoji)

Sebagimana disebutkan sebelumnya, fitur utama dari Galaxy S9 dan S9+ yakni kamera yang sekaligus menjadi pembeda dari duo Galaxy S terbaru. Galaxy S9 dilengkapi dengan kamera tunggal beresolusi 12 megapixel.

Kamera utama Galaxy S9 itu menjanjikan Optical Image Stabilization (OIS). Artinya, Anda akan mendapati gambar yang stabil saat kamera digunakan untuk merekam video.

Selain itu, kamera Galaxy S9 juga didukung dengan dua aperture yakni f/1.5 dan f/2.4. Dengan aperture tersebut, kamera Samsung itu mampu menghasilkan jepretan yang apik baik dalam kondisi cahaya normal maupun minim. Kamera depannya sendiri hadir dengan lensa 8 megapixel.

Gebrakan Samsung kali ini juga hadir pada model Galaxy S9+, dimana smartphone tersebut mengusung dual kamera dibagian belakang. Ini turut menjadi salah satu pembeda dengan Galaxy S9.

Samsung menyematkan dual kamera beresolusi masing-masing 12 megapixel. Jenis lensanya sendiri menggunakan wide dan telephoto yang didukung dengan dual aperture f/1.5 dan f/2.4.

Dengan dukungan kamera tersebut, pengguna bisa mendapatkan jepretan dengan efek bokeh atau blur nan apik. Sebagimana video yang dibagikan Samsung sebelumnya, kamera ini juga mampu menghasilkan gambar yang menawan meski dalam kondisi minim cahaya.

Spesifikasi Galaxy S9 dan S9+ yang sekaligus menjadi pembeda keduanya adalah sokongan baterai. S9 dilengkapi dengan baterai berkapasitas 3.500 mAh, sementara S9+ 3.500 mAh.

Harganya sendiri dipatok USD720 atau sekira Rp9,8 juta untuk Galaxy S9, sebagaimana dikutip CNet. Sementara Galaxy S9+ dibanderol USD840 atau sekira Rp11,4 juta.

Samsung belum Keduanya akan mulai di pasarkan di Amerika Serikat (AS) pada 2 Maret 2018. Sayangnya mengungkap kapan pastinya duo smartphone terbarunya itu akan hadir di Indonesia.

 

Tokopedia