Tak Mau Kalah, Huawei Garap Chip 5G

28 Februari 2018 05:45 WIB Teknologi Share :

CEO Huawei Richard Yu mengatakan bahwa perusahaannya telah menginvestasikan US$600 juta.

Solopos.com, BEIJING – Huawei mengumumkan chip 5G pertamanya dalam gelaran Mobile World Congress (MWC) 2018 di Barcelona. Chip ini tentu saja akan mengakomodasi perangkat perusahaan untuk mengakses jaringan seluler generasi selanjutnya.

Dilansir Okezone mengutip The Verge, Selasa (27/2/2018), perusahaan asal China itu mengklaim chip besutannya bertajuk Huawei Balong 5G01, merupakan chip pertama yang mendukung standar 3GPP baru untuk jaringan 5G. Teknologi ini memungkinkan perangkat untuk melakukan download hingga 2,3Gbps.

CEO Huawei Richard Yu mengatakan bahwa perusahaannya telah menginvestasikan US$600 juta untuk teknologi jaringan. Chip 5G berutannya itu bisa dimanfaatkan untuk mengemudikan mobil otonom hingga rumah pintar.

Huawei sesumbar perusahaannya akan menjadi penyedia pertama yang menawarkan solusi 5G end-to-end melalui kemampuan jaringan, perangkat hingga chip buatannya.

Sebagaimana diketahui, teknologi 5G juga telah dikembangkan oleh Qualcomm dan Intel. Kehadiran Huawei tentu menambah persaingan diantara perusahaan semakin sengit.

Qualcomm belum lama ini mengumumkan chip Snapdragon X24 yang dinilai akan membantu konsumen mengakomodir jaringan 5G. Perusahaan juga telah bekerja sama dengan banyak operator untuk memasang modem X50 pada perangkat di masa mendatang.

Sementara itu, Intel mengumumkan model modem 5G sendiri untuk perangkat pintar seperti mobil otonom, hingga drone. Intel juga telah bermitra dengan Microsoft, Dell, HP, dan Lenovo untuk memasang modem 5G pada laptop mereka di akhir 2019.

Tokopedia