Begini Cerita Komik Setrip Onan Hiroshi yang Sindir Jokowi

28 Februari 2018 14:10 WIB Muhammad Rizal Fikri Teknologi Share :

Komikus asal Jepang menyindir Presiden Joko Widodo.

Solopos.com, JAKARTA – Beberapa hari terakhir khalayak Indonesia dihebohkan dengan sebuah komik setrip yang memuat sosok Presiden Joko Widodo (Jokowi).Komik setrip yang dibuat komikus asal Jepang, Onan Hiroshi, itu menyindir Jokowi terkait proyek kereta cepat Jakarta-Bandung.

Berdasarkan penelusuran Solopos.com, sindiran itu diunggah dalam dua bagian. Unggahan pertama pada Selasa (20/2/2018). Unggahan tersebut diberi judul Pengemis Kereta Cepat Bagian 1. Dalam komik setrip tampak Indonesia dan Jepang bekerja sama untuk meneliti kelayakan pembuatan kereta cepat. Data dari penelitian itu diserahkan Jepang ke Indonesia. Namun saat proyek dimulai, Indonesia memilih bekerja sama dengan Tiongkok karena biaya produksi lebih murah. Pembangunan dilakukan menggunakan data dari Jepang.

Komik setrip kedua diunggah Jumat (23/2/2018), dengan judul Pengemis Kereta Cepat Bagian 2. Di sindiran kedua ini digambarkan kelanjutan proyek kereta cepat. Proyek itu dimulai dengan Tiongkok pada 2014, namun hingga sekarang belum selesai. Di komik setrip itu tampak karikatur Jokowi memohon kepada karikatur Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe agar mengambil alih proyek kereta cepat dari Tiongkok. Digambarkan PM Abe diam seribu bahasa, sedangkan ekspresi Jokowi tampak merasa malu. Di komik setrip itu juga digambarkan warga Jepang marah terhadap Jokowi.

Tak butuh waktu lama untuk komik setrip tersebut viral. Onan Hiroshi mendapat respons beragam dari warganet Indonesia. Berdasarkan pantauan Solopos.com, Sabtu (24/2/2018) siang, komik setrip yang diunggah di fanpage Facebook Onan Hiroshi sudah dibagikan ulang oleh 5.247 warganet dan dikomentari 1.063 warganet.

Berselang dua hari dengan komik setrip kedua, Onan akhirnya meminta maaf. Dia menganggap sebutan pengemis adalah tindakan keterlaluan. Dalam akun Twitter @hiroshionan, komikus tersebut mengaku sedang marah saat membuat karikatur itu. Baca: http://solopos.com/?p=897975">Sindir Jokowi Malah Dihujat, Komikus Jepang Membungkuk Minta Maaf

Setelah meminta maaf, Onan menghapus komik setrip kontroversial tersebut. Ia juga menonaktifkan laman Facebooknya. Ia hanya menyisakan satu media sosial Twitter atas nama dirinya.

 

Tokopedia