Kolaborasi Nokia-Vodafone Bakal Bangun Jaringan 4G di Bulan

28 Februari 2018 19:10 WIB Teknologi Share :

Audi Lunar Quattro, robot penjelajah, akan menggunakan koneksi 4G untuk berkomunikasi dengan stasiun pangkalan yang disebut Autonomous Landing and Navigation Module.

Solopos.com, ESPOO – Kecanggihan teknologi tidak hanya bisa dinikmati manusia di bumi semata, yang segera memasuki jaringan 5G. Jangan heran bulan pun segera memiliki jaringan internet mobile sendiri.

Dilansir Suara.com mengutip Metro.co.uk, Rabu (28/2/2018), Vodafone dan Nokia telah mengungkapkan rencana untuk memasang jaringan 4G di bulan yang akan digunakan selama misi pribadi pertama ke permukaan bulan. Pada tahun 2019, sebuah perusahaan Jerman yang bernama PTScientists akan meluncurkan ekspedisi perintis ke bulan.

Audi Lunar Quattro, robot penjelajah, akan menggunakan koneksi 4G untuk berkomunikasi dengan stasiun pangkalan yang disebut Autonomous Landing and Navigation Module. Hannes Ametsreiter, chief executive Vodafone Germany, mengatakan bahwa proyek ini melibatkan pendekatan inovatif terhadap pengembangan infrastruktur jaringan bergerak.

Robert Böhme, chief executive PTScientists, mengatakan misi bulan bisa meletakkan dasar bagi misi ke tata surya dan ruang yang dalam.

"Agar umat manusia bisa meninggalkan tempat lahir di Bumi, kita perlu mengembangkan infrastruktur di luar planet kita. Dengan Mission to the Moon kami akan menetapkan dan menguji elemen pertama dari jaringan komunikasi khusus di Bulan,"
katanya.

Menariknya, dari solusi LTE ini adalah dapat menghemat banyak daya dan semakin sedikit energi yang digunakan untuk mengirim data.