Sebelum Sindir Jokowi, Onan Hiroshi Komikus Jepang Pernah Bahas Transgender Indonesia

01 Maret 2018 08:00 WIB Muhammad Rizal Fikri Teknologi Share :

Onan Hiroshi menyindir sudut pandang Indonesia mengenai pelaku Transgender.

Solopos.com, SOLO – Sebelum menjadikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai obyek komik setripnya, komikus asal Jepang, Onan Hiroshi, pernah menyinggung pandangan Indonesia terkait pelaku transgender.

Onan Hiroshi membandingkan nasib pelaku transgender di Thailand dan Indonesia. Dia mengunggah sindirannya itu di akun Twitter, @hiroshionan, Senin (19/2/2018). Sindiran berupa komik itu terdiri dari empat setrip.

Baca juga: 


Dua setrip pertama diberi tanda dengan bendera Thailand. Di situ digambarkan dua pria transgender. Di depan mereka ada dua polisi yang sibuk dengan ponsel mereka. Polisi Thailand menganggap transgender adalah hal biasa dan melanjutkan aktivitas mereka seperti biasa.

Di dua setrip selanjutnya diberi tanda bendera Indonesia. Digambarkan dalam situasi yang sama, yaitu dua polisi yang sibuk dengan ponsel mereka melihat ada dua pria transgender. Berbeda dengan polisi Thailand, polisi Indonesia menahan dua transgender itu, melucuti pakaian perempuan yang dipakai kemudian menggunduli dua pria transgender itu.


Meski tak se-viral komik setrip tentang Jokowi, sindiran Onan Hiroshi itu juga banjir komentar pro dan kontra. “Setiap negara memiliki opini masing-masing,” cuit @tommyherdian.

“Hewan saja tahu mana yang jantan mana betina,” tulis @rizqyard07.

“Ini gambaran yang berlebihan, tidak ada hukuman pembotakan bagi transgender,” cuit @rofiqnur.

“Saya bangga dengan Indonesia. Menurut saya pemerintah sudah melakukan yang terbaik,” tulis @ianpratamamf.

Tokopedia