Komik Setrip “Makan Siang Gratis” Onan Hiroshi Sindir Indonesia Lagi?

02 Maret 2018 01:10 WIB Muhammad Rizal Fikri Teknologi Share :

Komik Setrip Onan Hiroshi membahas tentang sebuah pepatah populer di dunia ekonomi.

Solopos.com, SOLO – Setelah meminta maaf dan menonaktifkan akun media sosial, komikus asal Jepang, Onan Hiroshi, kini sudah kembali mengaktifkan akun Twitter-nya di @hiroshionan. Dia kembali mengunggah beberapa komik strip, salah satunya dianggap menyindir secara halus Indonesia.

Nama Onan Hiroshi sebelumnya ramai digunjingkan warganet Indonesia karena mengunggah dua komik setrip yang menyindir Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait proyek kereta cepat. Setelah menyadari kata-katanya dalam komik setrip tersebut terkesan kasar, Onan meminta maaf kepada Jokowi dan rakyat Indonesia. Namun aktivitasnya mengunggah komik setrip sindiran tak berhenti.

Onan melalui akun @hiroshionan, Senin (26/2/2018), mencuitkan komik setrip terbaru. Dalam cuitannya Onan menjelaskan komik setrip itu menerangkan tentang pepatah ‘Tidak Ada Makan Siang Gratis’. Di ranah ekonomi pepatah itu sangat terkenal, pelaku bisnis biasa menggratiskan sesuatu, padahal itu tidak benar-benar gratis, hanya subsidi silang.

“Saat kalian kalian membeli sesuatu dengan gratis, hati-hati kalau di akhir kalian akan membayar lebih banyak. Kalimat manis biasanya menjebak,” tulis Onan.

Dalam komik setrip itu tidak ada tokoh yang merujuk pada orang Indonesia, tak ada juga bendera atau penyebutan negara Indonesia. Dalam komik setrip itu digambarkan seseorang yang tergoda tawaran makan mi gratis. Ia berakhir membayar lebih mahal karena di toko tersebut memberlakukan biaya meja makan dan biaya pelayanan.

Di sisi kanan komik setrip itu digambarkan dua tokoh yang bersalaman dengan latar belakang kereta cepat. Di bawahnya ada beberapa pekerja yang membayangkan akan mendapat uang karena sebuah proyek. Namun bayangan mereka buyar setelah ada serbuan pekerja asing.

Komik setrip itu sontak ramai komentar. Beberapa di antaranya seolah-olah mengamini hal itu tentang Indonesia atau setidaknya terjadi di Indonesia.

“TKC [Tenaga kerja China] datang, Rakyat Indonesia menangis pejabat tersenyum puas,” cuit @Saridee2.

“Ini gambaran nyata di Indonesia, sedih tapi nyata,” cuit @munasir88.

“Jujur gue sukagaya lo. Ikut prihatin terhadap nasib rakyat pribumi Indonesia. Lanjutkan,” cuit @Wanz_Priatna.

“Ternyata Anda tahu kegelisahan kami yang ada di sini,” tulis @DaniarAnggih.