VIDEO VIRAL : 2 Pengutil Bantu Penjaga Toko Robohkan Perampok, Fakta Atau Hoaks?

02 Maret 2018 14:45 WIB Muhammad Rizal Fikri Teknologi Share :

Meski sudah viral, video pengutil gagalkan perampokan bersenjata kerap dianggap video yang diskenario.

Solopos.com, SOLO – Belum lama ini viral video mirip rekaman CCTV yang menampilkan pengutil sebuah minimarket menggagalkan percobaan perampokan bersenjata api. Meski sudah viral dan membuat warganet terkagum-kagum, video tersebut diduga fiktif.

Video mirip rekaman CCTV itu menampilkan dua pria yang membawa skateboard. Pria berjaket hitam tampak berkomunikasi dengan penjaga toko seakan-akan mau membeli sesuatu. Saat penjaga toko mengambilkan permintaan si pria berjaket hitam, temannya yang memakai jaket abu-abu beraksi mengambil dagangan di rak.

Saat proses mengutil berlangsung, datang seorang pria yang membawa senjata api laras panjang jenis shotgun. Pria berjaket hitam sontak bersembunyi di dekat temannya. Mereka berhasil mengalihkan perhatian si perampok menggunakan skateboard. Saat lengah, dua pengutil menyerang perampok dari belakang hingga tersungkur. Kedua pengutil melarikan diri setelah menyerahkan shotgun ke penjaga toko.

Video tersebut sudah diunggah berbagai akun anomin di Instagram dan berbagai saluran di Youtube. Berdasarkan penelusuran Solopos.com, Jumat (2/3/2018), video tersebut di sebuah akun terverivikasi di Instagram, @fivepointsshow, Jumat (9/2/2018).

https://www.instagram.com/p/Be8vrJAH-8D/" data-instgrm-version="8">


https://www.instagram.com/p/Be8vrJAH-8D/" target="_blank">Craziest convenience store footage you’ve ever seen. Watch till the end. Five Points High troublemaker CJ saves the day.


A post shared by https://www.instagram.com/fivepointsshow/" target="_blank"> Five Points (@fivepointsshow) on


“Rekaman CCTV minimarket tergila yang pernah kalian lihat. Tonton sampai selesai. Pembuat masalah di Five Points High, CJ menjadi penyelamat,” tulis @fivepointsshow.

Video tersebut mengundang beragam komentar. Selain komentar kagum dengan tindakan dua pengutil tersebut, warganet curiga video tersebut telah diskenario. “Pencuri rendahan menjadi penyelamat,” tulis @juggman168.

“Kalau aku jadi penjaga toko akan kubiarkan mereka memilih cemilan apapun yang mereka mau. Mereka pencuri tapi memilih untuk menjadi penyelamat daripada langsung melarikan diri,” tulis @miss_leetay.

“Perampok seperti sengaja melemparkan shotgun ke meja toko. Ini bisa jadi sumber perdebatan keaslian video,” tulis @wesley_sean.

“Video ini sudah diskenario, digunakan untuk iklan sebuah serial. Bisa dilihat bagaimana gerakan para tokoh seperti sudah diatur,” tulis Gooman130.

Berdasarkan penelusuran Solopos.com, Five Points adalah sebuah drama seri. Five Points disiarkan melalui layanan streaming berbayar milik Facebook bernama Facebook Watch. Musim pertama drama seri ini tayang sebanyak 10 episode.

Five Points mengisahkan tentang lima remaja yang mengubah jalan hidup mereka.