Update Terbaru, Firefox Tambah Opsi Blokir Iklan Pop-up

17 Maret 2018 02:45 WIB Teknologi Share :

Banyak situs yang menyematkan sistem pesan di dalam peramban yang terkadang sangat mengganggu.

Solopos.com, NEW YORK – Mozillla mengikuti langkah Google untuk memblokir iklan mengganggu di sebuah laman tertentu. Kemampuan ini akan dilepas oleh Mozilla di pembaruan peramban Firefox 59 yang baru saja diluncurkan.

Dilansir The Verge, Jumat (16/3/2018), aplikasi Firefox di perangkat Android dan Ios bakal mendapatkan kemampuan memblokir iklan pop-up tersebut.

Seperti diketahui, banyak situs yang menyematkan sistem pesan di dalam peramban yang terkadang sangat mengganggu. Bahkan, pesan tersebut meminta akses ke kamera, mikrofon, atau lokasi perangkat.

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna dapat menemukannya di menu Preferences. Di sini, pengguna dapat menyusun whitelist berisi situs mana saja yang dapat menampilkan notifikasi pop-up. Sementara situs lainnya secara otomatis akan terblokir.

Ada juga fitur berupa Private Browsing yang merupakan update terkait perlindungan privasi. Fitur tersebut dapat menghapus path information sehingga sebuah situs tidak dapat melacak situs mana saja yang telah pengguna kunjungi.

Di sisi performa sendiri, Firefox 59 juga mendapatkan sedikit peningkatan kemampuan. Para pengguna nantinya dapat membuka laman web lebih cepat berkat dukungan akses cache dari hardisk atau dari network.

Lalu terdapat juga peningkatan kemampuan dari sisi rendering grafis, yakni pembaruan Off-Man-Thread Painting di mana pengguna dapat membuka tampilan lebih cepat. Kemampuan ini kini hadir di perangkat Mac.

Versi aplikasi Android pun mendapatkan penyegaran dengan disematkannya Assist App. Pengguna bisa melakukan pencarian internet dengan cara menekan tombol home selama beberapa detik melalui peramban mereka.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan seluruh kemampuan ini, Anda tinggal mengunduh update tersebut di masing-masing perangkat Anda.

Tokopedia