Cerita di Balik Pembuatan Logo Android

20 Maret 2018 14:00 WIB Septina Arifiani Teknologi Share :

Ada cerita di balik pembuatan logo Android.

Solopos.com, SOLO – Para pengguna ponsel Android tentu tak asing dengan sosok Bugdroid. Bugdroid merupakan logo Android berbentuk robot berwarna hijau. Tak banyak yang tahu, cerita di balik pengerjaan logi ini.

Irina Blok, sosok di balik terlahirnya logo robot berwarna hijau ini kali pertama ditunjuk oleh pihak Google untuk mendesain logo ini pada 2010 silam, setelah pengembangnan OS Android dilakukan.

Sebagaimana dilansir Okezone dari The New York Times, Selasa (20/3/2018), kala itu Irina dan tim desainer logo Google diminta membuat logo dengan mengadung unsur robot. Irina pun mulai mempelajari sejumlah karakter robot dari film dan mainan yang ber-genre sci-fi dan segala hal yang berhubungan dengan luar angkasa.

Sayangnya, apa yang dilakukan Irina tidak membuahkan hasil. Dia kerap menemukan jalan buntu dalam memilih desain yang tepat bagi logo tersebut.

Baca juga:


Pada suatu hari, sebuah ide tercetus di dalam pikirannya. Dia mengaku, ide ini datang dari simbol toilet pria yang kerap ditemui saat hendak memasuki kamar kecil di kantor Google.

Pada akhirnya, sebagai sentuhan akhir, dia membubuhkan antena di atas kepala dari Bugdroid. Kemudian tim desainer memberikan saran agar membuat logo tersebut bisa didandani para penggunanya masing-masing, sesuai dengan sifat OS Android yang open-source.

Irina menyebut kunci utama dalam membuat logo yang dapat dikenang khalayak banyak terletak pada kesederhanan dan sifatnya yang abadi. Dua hal inilah yang menurutnya merupakan yang paling sulit untuk dicapai.

Bentuk Bugdroid kini berubah-ubah mengikuti penamaan dari versi Android yang diluncurkan. Terakhir, Bugdroid berubah menjadi sesosok superhero dengan badan Oreo, semenjak nama dari OS terakhir mereka, yakni Android 8.0 memiliki sebutan Oreo.