Kamera Smartphone Huawei P20 dan P20 Pro Dapat Skor Sempurna

29 Maret 2018 07:10 WIB Teknologi Share :

Keduanya mendapatkan hasil yang sangat baik dalam pengalaman mengambil gambar terbaik di sebuah smartphone.

Solopos.com, NEW YORK -- Dua smartphone Huawei, P20 dan P20 Pro mendapat ulasan fantastis dari segi kamera. DXOMark memberikan predikat mengesankan pada kedua posel itu dengan memberikan skor menembus 100 dalam tes kamera mereka.

Hasil ini mengalahkan dua raja sebelumnya, yakni Galaxy S9 dengan skor 99 dan juga Pixel 2 dengan skor 98. Dalam serangkaian tes, pihak DXOMark memberi skor akhir 102 untuk P20 dan 109 untuk P20 Pro. Keduanya mendapatkan hasil yang sangat baik dalam pengalaman mengambil gambar terbaik di sebuah smartphone.

Dilansir laman DXOMark Rabu (28/3/2018), mereka menyimpulkan jika kamera ganda dengan konfigurasi kamera RGB beresolusi 12MP serta kamera monochrome 20MP milik Leica di Huawei P20 memiliki hasil yang memuaskan.

Detil gambar yang dihasilkan sangat baik dan memiliki efek bokeh yang sangat rapi jika dibandingkan dengan beberapa smartphone lain. Sayangnya, smartphone ini juga memiliki beberapa kekurangan, seperti terdapat sedikit penurunan performa di cahaya yang cukup rendah.

Di sisi lain, P20 Pro memilih untuk menggunakan konfigurasi triple camera. Ketiga kamera tersebut merupakan kamera utama berupa RGB dengan resolusi 40MP, kamera kedua berupa monochrome 20MP, dan kamera ketiga dengan telephoto dengan resolusi 8MP.

Hasil gambar dari konfigurasi ini membuat gambar yang diambil memiliki detail yang sangat sempurna. Selain itu, kamera ketiga dari P20 Pro dapat melakukan hingga 3x optical zoom dan 5x hybrid zoom, yang mampu membuat pengguna dapat mengambil gambar dari kejauhan dengan sempurna.

Di sisi performa, kedua perangkat ini akan menggunakan prosesor Kirin 970, dengan kapasitas penyimpanan 128GB. Sedangkan untuk RAM, P20 menghadirkan RAM sebesar 4GB dan P20 Pro hadir dengan RAM 6GB.

Perbedaan lainnya yang dimiliki oleh kedua perangat ini adalah kapasitas baterai, di mana P20 memiliki baterai 3.400 mAh dan P20 Pro memiliki baterai 4.000 mAh. Selain itu, jenis layar yang dimiliki juga berbeda.

P20 hadir dengan layar IPS sebesar 5,8 inci dengan resolusi 1080 x 2244. Sedangkan P20 Pro memiliki layar OLED sebesar 6,1 inci dengan resolusi yang sama.

Keduanya juga memiliki ‘jidat hitam’ yang identik, namun memiliki ukuran yang lebih kecil jika dibandingkan dengan iPhone X. Di sinilah, vendor asal China tersebut menyembunyikan kamera selfie sebesar 24MP.

Soal harga, pihak Huawei masih belum mau mengungkapkan harganya. Hal ini dikarenakan perangkat yang akan hadir dengan menggunakan OS Android Oreo 8.1 ini baru akan secara resmi dijual pada April mendatang.