Khawatir Bocor? Ini Cara Cek Data Pribadi Anda yang Diambil Facebook

29 Maret 2018 07:00 WIB Adib Muttaqin Asfar Teknologi Share :

Untuk memastikan data pribadi apa saja yang telah diambil Facebook, lakukan pengunduhan data arsip pribadi.

Solopos.com, SOLO -- Facebook bisa mengambil sebagian besar data-data pribadi penggunanya, baik informasi profil, foto, video, pesan di messenger, hingga meta data foto dan data yang telah dihapus. Sejauh mana data-data bisa diakses Facebook, hal itu tergantung pengaturan dan kehati-hatian masing-masing pengguna.

Untuk memastikan sejauh mana data pribadi, setiap pengguna bisa mengetahuinya melalui data Facebook yang dapat diunduh. Berikut cara mengunduh data Facebook yang dilansir Big Brother Watch dan diterjemahkan oleh Safenet. Baca juga: http://solopos.com/?p=907075" rel="noopener" target="_blank">Waspada! Ini Data Pribadimu yang Bisa Diambil Facebook Tanpa Disadari.

Pertama, kita memulainya dari Pengaturan atau Setting. Untuk mengunduh informasi, lakukan langkah berikut:
- Klik bagian kanan atas halaman Facebook dan pilih Pengaturan
- Klik Unduh Salinan Data Facebook Saya di bagian bawah Pengaturan Akun Umum
- Klik Mulai Arsip Saya

Berikutnya, kita akan dimintai konfirmasi melalui email yang digunakan untuk Facebook bahwa kita telah meminta arsip. Arsip ini biasanya berisi sejumlah besar informasi pribadi yang sangat sensitif, termasuk informasi kontak, alamat, foto, dan pesan pribadi (lihat di bawah). Data ini harus disimpan secara hati-hati di tempat yang aman.

Jika dicek, bisa jadi ada detail kontak lengkap dari akun ponsel dan email. Sebagian orang bahkan menemukan panggilan keluar dan teks log. Hal itu kemungkinan karena izin yang kita berikan kepada aplikasi Facebook.

Selain kontak dari akun ponsel, bisa jadi ada pesan-pesan pribadi yang sudah kita hapus juga muncul dalam arsip data itu. Hal ini bisa jadi karena adanya salinan pesan setiap kali kita mengirim pesan. Salinan itu akan tetap ada sehingga dapat muncul di arsip data.

Dalam keadaan apa pun, pesan yang sudah dihapus mungkin tetap berada di server Facebook selama jangka waktu tertentu sebelum dihapus. Pesan itu bahkan tetap berada di server cadangan Facebook untuk jangka waktu yang lebih lama.

Untuk memastikan setelan privasi Anda, cek tab "info kontak" di bawah "html". Jika kita telah mengendalikan dengan ketat pengaturan privasi selama menggunakan Facebook, maka tidak banyak informasi yang terlihat di data itu.

Tokopedia