Alyssa Carson Remaja 17 Tahun Astronaut NASA yang Bakal Dikirim ke Mars Pada 2033

Alyssa Carson remaja yang sudah menjadi astronaut NASA (Instagram nasabluberry)
03 April 2018 07:00 WIB Muhammad Rizal Fikri Teknologi Share :

Solopos.com, BATON ROGUE – Hidup untuk mewujudkan cita-cita yang muncul sedari kecil adalah hal istimewa. Tak sedikit bocah yang cita-citanya berganti seiring bertambahnya usia. Remaja 17 tahun asal Baton Rogue, Louisiana, Amerika Serikat, Alyssa Carson, ingin menjadi astronaut di usia tiga tahun. Kini, masih dalam usia belasan, Alyssa merupakan astronaut yang dilatih NASA untuk misi ke Planet Mars tahun 2033.

Dilansir Teen Vogue, Rabu (21/3/20018), Alyssa Carson merupakan satu-satunya bocah (yang kini remaja) yang mendapat kesempatan sejak kecil untuk belajar menjadi astronaut di berbagai fasilitas yang dibangun The National Aeronautics and Space Administration (NASA).

Alyssa memiliki obsesi mengenai Planet Mars sejak usia tiga tahun. Ia bercerita imajinasinya berawal dari serial kartun The Backyardigans episode Misi ke Mars.”Menurutku Planet Merah sangat keren. Sejak saat itu aku mulai menonton video tentang pendaratan di Mars. Saya memasang peta Mars di kamar. Setelah itu saya mulai meminta teleskop untuk melihat ke luar angkasa,” jelas Alyssa seperti dikutip Teen Vogue.

Di usia tujuh tahun Alyssa diajak ayahnya, Bert Carson untuk belajar tentang luar angkasa di Space Camp NASA di Alabama, Amerika Serikat. Di usia 12 tahun Alyssa menjadi orang pertama yang dianggap lulus dari tiga Space Camp Nasa yang berlokasi di tiga negara, yaitu Amerika Serikat, Kanada, dan Turki.

Secara bertaham Alyssa menguasai teknik dan pengetahuan sebagai astronaut. Dia menjalani beberapa simulasi saat di luar angkasa, menguasai ilmu robotika, membangun roket, hingga diberi panggilan khusus oleh NASA dengan sebutan Blueberry. Panggilan ini nantinya akan dipakai memanggil Alyssa selama misi dilakukan.

Pengawasan NASA terhadap Alyssa sejak umurnya terbilang belia bukan tanpa alasan. Alysa diproyeksikan sebagai astronaut yang akan menjalankan misi membangun koloni di Planet Mars. Sesuai dengan perkiraan kesiapan teknologi dan awak, misi tersebut baru bisa dilaksanakan pada 2033. Saat waktu tersebut datang, Alyssa akan berusia 32 tahun. Usia yang cocok sebagai seorang astronaut untuk memimpin sebuah misi.

Selain memiliki peluang sebagai orang pertama yang akan menginjakkan kaki di Planet Mars. Alyssa juga berkesempatan menjadi remaja pertama yang pergi ke luar angkasa. Kini SpaceX mempertimbangkan sebuah misi untuk Alyssa. “Kalau ada misi yang cocok untuknya, dia akan dikirim ke luar angkasa. Kalau hal itu bisa diwujudkan dalam kurun dua tahun ke depan, Alyssa akan menjadi remaja pertama yang pergi ke luar angkasa,” ucap Bert.

Rencana jangka panjang terhadap Alyssa ini datang dengan beberapa konsekuensi. Remaja SMA ini kerap meninggalkan sekolahnya untuk mengikuti jadwal NASA. Alyssa pun tak disarankan membina hubungan romantis dengan siapapun hingga misinya selesai. Alyssa direncakanan melakukan misi ke Mars di usia 32 tahun dan misi akan berjalan hingga empat tahun. “NASA menyarankanku membangun keluarga setelah misi Mars selesai,” jelas Alyssa.