Tak Mau Kalah, Xiaomi Bikin Teknologi Kecerdasan Buatan

Ilustrasi Xiao Ai. (Istimewa - India Today)
05 April 2018 01:10 WIB Jafar Sodiq Assegaf Teknologi Share :

Solopos.com, BEIJING - Raksasa teknologi China, Xiaomi, ikut bersaing di sektor teknologi kecerdasan buatan alias AI (artificial intelligence). Xiaomi meluncurkan teknologi asisten digital pesaing Siri dan Bixby, bernama Xiao Ai.

Dilansir Engadget, Rabu (4/4/2018), Alasan Xiaomi mengembangkan asisten digital ini dikarenakan berbagai macam hal. Salah satunya adalah sulitnya mendapatkan asisten digital di perangkat smartphone yang dibuat oleh para produsen smartphone China.

Hal ini dikarenakan Google diblokir sepenuhnya oleh pihak pemerintah China, sehingga memasukkan Google Assistant bukan sebuah pilihan. Selain itu, Siri dan Alexa pun tidak dapat digunakan karena keterbatasan perangkat yang didukung.

Dikarenakan alasan tersebut, pihak Xiaomi mengatakan bahwa dalam pengembangan Xiao Ai ini sengaja ditujukan untuk bekerja di China saja.

Xiao Ai memiliki fitur-fitur asisten digital standar. Beberapa contohnya adalah dapat digunakan untuk memutar musik, memeriksa cuaca, mengontrol perangkat smart home, serta menerjemah bahasa asing.

Selain itu, AI ini juga dapat disambungkan ke beberapa aplikasi lain seperti Wechat, serta dapat mengontrol beberapa produk Xiaomi lainnya seperti robot vakum milik mereka.

Sebenarnya, Xiao Ai sudah diperkenalkan semenjak tahun lalu. Namun dikarenakan masih banyak fungsi yang belum sempurna, mereka terus mengembangkan AI tersebut hingga akhirnya kini dapat digunakan dengan baik.

Sayangnya, untuk sementara ini Xiao Ai hanya baru bisa berjalan di perangkat Mi Mix 2s saja. Namun dalam waktu dekat ini, dalam pembaruan MIUI terbaru, beberapa perangkat lain dapat merasakan fitur ini.

Sayangnya hingga saat ini, pihak Xiaomi menegaskan jika Xiao Ai tidak akan didistribusikan di luar China. Alasannya karena para pengguna di luar China dapat dengan mudah untuk beralih dari Xiao Ai ke asisten digital lain seperti Google Assistant dan lainnya.

Sekedar informasi, selain Xiaomi, Baidu pun sudah memiliki asisten pribadi, namun hingga kini masih dalam proses penyempurnaan. Sedangkan Huawei juga dikabarkan akan terjun ke dunia asisten digital dalam waktu dekat ini.