Hasil Penelitian: Benarkah Selfie Bikin Amnesia?

Ilustrasi selfie (VIA)
05 April 2018 16:45 WIB Septina Arifiani Teknologi Share :

Solopos.com, SOLO – Beberapa ilmuwan Amerika Serikat menyebut kegiatan mengambil foto diri alias selfie menyebabkan orang terkena amnesia.

Penelitian yang dilakukan oleh Dartmouth College mengungkapkan saat seseorang mengambil selfie, orang tersebut tidak dapat mengingat apa yang dilihat dan melupakan apa yang ingin kita tangkap.

Hal ini disebabkan pada saat mengambil selfie, seseorang akan fokus dalam mengambil angle terbaik. Alhasil, para peneliti mengungkapkan para pengguna smartphone sering kali melupakan momen apa saja yang terjadi saat tersebut.

Untuk membuktikan hal ini salah satu peneliti dari Dartmouth College, Emma Templeton, melakukan percobaan. Hasil dari penelitian ini kemudian di publikasikan melalui jurnal Experimental Social Psychology.

Dikutip Okezone dari Daily Mail, Kamis (5/4/2018), dalam percobaan ini para peneliti mengajak ratusan orang untuk mengikuti tur ke sebuah gereja untuk menulis apa saja yang mereka lihat, seperti objek, bangunan, dan juga ornamen.

Mereka membagi peserta menjadi dua grup. Grup pertama diberikan kamera sedangkan yang satu lagi tidak dibekali kamera. Grup yang membawa kamera pun dibebaskan untuk mengambil gambar apapun, termasuk selfie.

Satu pekan kemudian, para peserta diuji menggunakan 10 pertanyaan mengenai pengalaman tur tersebut. Para peserta yang berada di grup dengan kamera hanya dapat menjawab enam pertanyaan saja, sedangkan grup lainnya bisa menjawab sembilan pertanyaan.