Trik Jitu Motret di Tempat Gelap Pakai Kamera Ponsel

Ilustrasi memotret di tempat gelap (Youtube)
08 April 2018 11:01 WIB Chelin Indra Sushmita Teknologi Share :

Solopos.com, SOLO – Memotret menggunakan kamera ponsel merupakan salah satu kebiasaan baru bagi kaum urban di zaman modern. Munculnya berbagai model ponsel pintar yang dilengkapi kamera super canggih di pasaran tentu membuat hobi memotret makin mudah disalurkan.

Meski sudah cukup canggih, tidak semua orang bisa menghasilkan foto yang bagus saat memotret di tempat gelap. Bukan hanya soal kamera, kemampuan memotret juga memengaruhi kualitas gambar yang dihasilkan. Lantas, bagaimana cara menghasilkan gambar terbaik saat memotret di tempat yang kurang cahaya? Simak ulasan yang dihimpun Solopos.com dari The Next Web, Jumat (6/4/2018), di bawah ini:

Atur posisi

Pastikan Anda berada di posisi yang nyaman saat hendak mengambil foto. Pastikan jangan sampai ada goyangan apapun saat memotret. Jika kesulitan, Anda bisa memanfaatkan meja atau tripod untuk meminimalisir getaran.

Pakai fitur flash

Fitur flash memang sangat berguna saat hendak memotret dalam keadaan gelap. Namun, tidak selamanya fitur tersebut membantu. Anda harus emngatur jarak objek saat memotret dengan flash. Jangan sampai objek yang dipotret terlalu dekat karena akan membuat hasilnya kurang jelas.

Manfaatkan fitur HDR

Memotret dengan mengaktifkan fitur HDR memang butuh kesabaran. Sebab, kamera ponsel akan menyimpan gambar yang ditangkap dalam waktu lebih lama. Namun, hasilnya akan lebih baik ketimbang saat Anda menonaktifkannya. Mode HDR dapat mengambil gambar dalam kondisi apapun dengan baik.

Atur jarak

Usahakan Anda mengatur jarak objek dengan tepat saat memotret dengan kamera ponsel. Saat di tempat gelap, jangan pernah menggunakan fitur zoom karena akan menghasilkan gambar berkualitas butuk. Sebaiknya, ambil gambar dari jarak dekat agar lebih jelas dan tajam.