Tahukah Anda?: Mengantuk Saat Membaca, Ini Alasannya...

Ilustrasi membaca buku (Shutterstock)
09 April 2018 14:00 WIB Septina Arifiani Teknologi Share :

Solopos.com, SOLO – Mengantuk saat membaca buku sepertinya sudah menjadi hal umum dialami banyak orang. Menurut penelitian, ternyata ada penyebab khusus mengapa Anda sering mengantuk saat membaca.

Sebagaimana dilansir Okezone dari Wonderopolis, Senin (9/4/2018), para ahli percaya membaca membutuhkan gerakan mata secara teratur saat mata Anda mengikuti kata-kata di seluruh halaman.

Ini juga membutuhkan kekuatan otak ketika otak Anda menafsirkan huruf-huruf yang dilihat mata Anda dan mengubahnya menjadi kata-kata, kalimat, dan paragraf yang bermakna.

Ketika otak Anda bekerja keras dan otot mata Anda lelah, wajah apabila mata membutuhkan istirahat, yang menyebabkan mata perlahan-lahan menutup dan Anda tertidur.

Membaca bukanlah hal yang buruk bagi mata. Seseorang yang memakai kacamata sebaiknya mengenakan kacamata ketika membaca karena hal ini bisa menjaga mata dari ketegangan.

Ketika Anda membaca, Anda biasanya melakukan di lokasi yang nyaman, seperti kasur atau kursi favorit. Kondisi rileks dan seluruh tubuh berada pada posisi istirahat memungkinkan Anda semakin mengantuk.

Terlebih, bila Anda membaca buku pada waktu seharusnya Anda tidur di malam hari, sedangkan tubuh dan pikiran Anda sudah lelah dan siap untuk tidur, maka mengantuk ketika membaca buku menjadi tidak terelakkan.

Mengantuk ketika membaca buku menjadi semakin kuat ketika buku bacaan yang Anda baca tidak menarik minat Anda. Jika Anda menganggap buku yang Anda baca membosankan atau tidak menangkap imajinasi Anda, pikiran Anda cenderung mengembara, dan semakin mendorong Anda untuk tidur.

Pastikan duduk di kursi yang nyaman jika Anda ingin membaca. Gunakan pencahayaan ekstra untuk mengurangi ketegangan mata. Juga pastikan suhu tidak terlalu panas. Membaca di lingkungan yang terlalu hangat membuat Anda cepat mengantuk.

 

Tokopedia

Sumber : Newswire