Mirip Cambridge Analytica, Aplikasi Kuis CubeYou Dibekukan Facebook

CEO Facebook, Mark Zuckerberg (Fortune.com)
09 April 2018 19:10 WIB Adib Muttaqin Asfar Teknologi Share :

Solopos.com, SOLO -- Celah pembocoran data Facebook kembali terungkap. Facebook membekukan CubeYou, salah satu aplikasi yang menawarkan kuis-kuis psikologi, dari platform media sosial itu untuk menyelidiki dugaan penyalahgunaan data pengguna. Hal ini diduga mirip modus yang dilakukan Cambridge Analytica.

Sebelumnya, para pengguna Facebook memang telah diperingatkan untuk berhati-hati dengan aplikasi-aplikasi kuis yang masuk ke Facebook. CubeYou yang merupakan aplikasi kuis populer yang terhubung dengan Facebook, diduga mengumpulkan data dari platform yang dimasukinya.

Dilansir The Register, akhir pekan lalu, Facebook membekukan CubeYou sehingga aplikasi itu tidak bisa lagi mengunggah kuis meski data yang himpun diklaim untuk kepentingan akademik dan nonkomersial. Langkah Facebook ini berdasarkan data CNBC yang mengungkapkan bahwa kuis-kuis itu dirancang untuk membantu pelanggan CubeYou mengenali target-target potensial mereka.

Direktur Kerjasama Produk Facebook, Ime Archibong, mengatakan kepada CNBC bahwa CubeYou segera dilarang secara permanen jika menolak atau gagal dalam audit. Archibong juga menyatakan akan bekerja sama dengan Kantor Komisi Informasi Inggris untuk menyelidiki peran Universitas Cambridge dalam mengembangkan aplikasi yang dipakai oleh Cambridge Analytica untuk mencuri data pengguna Facebook.

CubeYou juga diduga memanfaatkan aplikasi Cambridge itu. CubeYou menjaring pengguna melalui aplikasi kepribadian Myer-Briggs, lalu ditawarkan secara gratis kepada Apply Magic Sauce. Berdasarkan laporan CNBC, CubeYou membuat profil penggunanya dengan meminta data-data biasa, seperti umur, jenis kelamin, lokasi, tempat kerja, dan sebagainya. Namun, belakangan CubeYou mengubah situs mereka dengan dalih memudahkan penggunanya, yaitu meminta nama, email, nomor HP, IP address, ID ponsel, dan browser fingerprint.

CubeYou menjelaskan kebijakan privasinya sebagai berikut: "Jika Anda memilih untuk mendaftar ke Layanan kami dengan menggunakan profil Media Sosial pihak ketiga (seperti akun Facebook, Google, Twitter atau Instagram), Anda akan memberikan izin kepada akun CubeYou Anda untuk ditautkan ke profil Media Sosial Anda dan memberikannya akses informasi teridentifikasi ke beberapa profil media sosial secara pribadi. Informasi yang dapat diidentifikasi secara pribadi yang mungkin kami kumpulkan dari profil Media Sosial Anda mungkin termasuk, tetapi tidak terbatas pada: nama, alamat surat, alamat email, nomor telepon, tanggal lahir, jenis kelamin, area minat , pekerjaan, judul dan informasi demografis lainnya, daftar buku alamat, pegangan media sosial Anda, gambar profil Anda, pengaturan perangkat dan data Anda, pelokalan Anda, koneksi sosial, suka, gambar dan video."

Tokopedia