2 Cara Atasi HP Basah Kena Air

Ilustrasi Ponsel tercebur kolam (inovativemag.ir)
11 April 2018 09:00 WIB Muhammad Rizal Fikri Teknologi Share :

Solopos.com, SOLO – Meski sudah banyak diproduksi ponsel tahan air, pertimbangan harga membuat ponsel tak tahan air masih banyak digunakan. Nah, apabila ponsel tak tahan air tercebur ke air, pasti diperlukan cara khusus agar komponen ponsel cepat kering dan ponsel bisa kembali digunakan. Biasanya beras dipilih sebagai alat pengering. Padahal, ada beberapa benda yang lebih efektif sebagai pengering dibanding beras.

Tindakan pertama untuk menyelamatkan ponsel yang tercebur air tentunya mengamankan ponsel dari air. Pastikan ponsel langsung dimatikan, kalau memungkinkan lepas baterai dari ponsel. Untuk ponsel keluaran terbaru, meski tak antiair, kebanyakan produsen sudah mendesain ponsel untuk sedikit tahan air, oleh karena itu sesegera mungkin mematikan ponsel saat terkena air kemungkinan besar akan menyelamatkan komponen elektronik ponsel.

Setelah itu keringkan permukaan ponsel atau bagian yang bisa dijangkau tisu. Pastikan semuanya kering. Dalam proses ini usahakan jangan memencet tombol ponsel, atau untuk ponsel layar sentuh jangan terlalu banyak menggunakan layarnya. Hal ini bertujuan untuk menghindari menyebarnya air yang terjebak di dalam komponen elektronik ponsel.

Nah, setelah bagian luar kering, baru tahapan mengeringkan bagian dalam ponsel dengan bantuan benda lain. Hal yang dipercaya banyak orang selama ini menggunakan beras. Memang beras menyerap air, namun asal Anda tahu, ada banyak benda yang daya serapnya lebih tinggi dari beras.

Dikutip Solopos.com dari Gadgethacks.com, Selasa (10/4/2018), selain menggunakan beras, tiga alternatif benda ini bisa membantu mengeringkan ponsel yang terkena air;

1. Silica Gel
Seperti fungsinya untuk menghilangkan kelembapan sebuah benda, silica gel dalam jumlah tertentu bisa membantu mengeringkan bagian dalam ponsel. Caranya masukan ponsel di plastik yang sudah diberi silica gel. Diamkan beberapa waktu sampai dikira cukup.

2. Beras Instan, Oatmeal Instan, atau Couscous Instan
Beras organik memang bukan penyerap lembap terbaik, namun hal itu beda dengan beras instan. Proses yang dilalui beras instan menjadikannya pengering yang baik. Hal itu juga terjadi pada oatmeal instan dan couscous instan. Makanan instan ini biasa ditemui di supermarket atau pasar-pasar modern. Di Indonesia beras instan dan oatmeal instan lebih mudah ditemui daripada couscous instan.

3. Cat Litter
Bagi pemelihara kucing pasti mengetahui cat litter. Benda tersebut merupakan pengganti pasir yang biasa digunakan untuk tempat kucing membuang kotoran. Cat Litter akan mengeringkan kotoran kucing sehingga tak ada bau busuk di tempat kucing buang kotoran. Sistem pengeringan itu juga bisa dimanfaatkan untuk mengeringkan ponsel basah. Berdasarkan percobaan Gadgethacks, kemampuan cat litter untuk mengeringkan ponsel lebih baik dari beras instan, oatmeal instan, dan couscous instan.