Cara Jitu Ganti RAM Laptop Biar Enggak Lemot

Ilustrasi RAM (Extremetech.com)
11 April 2018 00:20 WIB Chelin Indra Sushmita Teknologi Share :

Solopos.com, SOLO – Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi belakangan ini membuat sebagian orang bergantung dengan laptop alias komputer jinjing. Perangkat ini memang sangat praktis karena dapat dibawa kemana-mana. Kemudahan itu membuat banyak orang dari berbagai kalangan memilih menggunakan laptop untuk menyelesaikan beberapa tugas mereka.

Tak hanya dipakai untuk bekerja, laptop juga bisa dipakai untuk menyetel lagu, menonton film, hingga berselancar di dunia maya. Sayangnya, kemudahan tersebut kerap terganggu dengan lambatnya kinerja laptop secara tiba-tiba. Mengapa hal tersebut bisa terjadi?

Salah satu faktor yang menyebabkan kinerja laptop melambat adalah kapasitas memori yang penuh. Hal itu bisa terjadi ketika terlalu banyak program yang dibuka pada saat bersamaan. Tak hanya itu, laptop juga bisa melambat lantaran terlalu banyak program yang di-install. 

Saat ini sudah banyak pihak jual software online termasuk piranti ganti RAM laptop. Lantas, bagaimana cara mengatasi laptop yang lambat tersebut? Dikutip Solopos.com dari laman Computerhope.com, dan Telegraph, Selasa (10/1/2017), berikut beberapa tips jitu mengatasi laptop lambat:

Bersihkan virus

Kondisi laptop yang lambat bisa terjadi karena perangkat tersebut terinfeksi virus. Virus tersebut bisa membebani perangkat penyimpanan yang membuat kinerja laptop melambat. Agar laptop bisa kembali bekerja secara optimal, Anda perlu menginstal software antivirus. Software tersebut berfungsi untuk menghapus virus yang akan merusak hard disk. Saat ini telah banyak gerai laptop yang jual software online untuk memudahkan konsumen.

Bersihkan file sampah

Ukuran file sampah yang menumpuk bisa menjadi salah satu penyebab melambatnya kinerja laptop. Jika tidak segera dibersihkan, file tersebut akan membuat kapasitas penyimpanan berkurang yang mengakibatkan kinerja laptop melambat. Oleh sebab itu, sebaiknya bersihkan ruang penyimpanan laptop secara berkala untuk menghindari penumpukan file sampah tersebut.

Buang program yang tidak dibutuhkan

Sebaiknya hapuslah beberapa program yang jarang bahkan tidak pernah Anda gunakan pada perangkat laptop. Terlalu banyak program yang terinstal juga bisa membuat kinerja laptop melambat. Sebaiknya perhatikanlah kapasitas hard disk sebelum menginstal program. Jangan sampai Anda menginstal program yang memiliki ukuran terlalu besar, jika kapasitas hard disk Anda tidak memadahi. Sebab, program yang berukuran besar itu juga bisa memengaruhi kecepatan kinerja laptop.

Upgrade RAM

Ukuran random acces memory (RAM) sangat berpengaruh terhadap kinerja laptop. Secara sederhana, RAM berfungsi sebagai media simpan sementara yang digunakan saat perangkat laptop menyala. Nah, masalahnya, seiring dengan perkembangannya, banyak software yang membutuhkan kapasitas RAM besar agar program tersebut bisa berjalan secara optimal. Jika Anda memaksa menginstal program berukuran besar sementara kapasitas RAM yang dimiliki kecil, hal itu tentu akan membuat kinerja laptop melambat. Nah, sebagai solusinya, Anda harus ganti RAM laptop agar perangkat tersebut bisa bekerja secara optimal.

Menginstal ulang sistem operasi

Jika langkah-langkah di atas telah Anda lakukan, namun kinerja laptop masih sangat lambat, maka solusi terakhir yang dapat Anda lakukan adalah menginstal ulang sistem operasi perangkat tersebut. Sebab, saat laptop diinstal ulang, maka semua program, virus, dan file sampah di perangkat tersebut akan terhapus. Hal itu akan membuat kinerja laptop normal seperti sediakala. Saat menginstal ulang, sebaiknya pilihlah program yang penting saja.

Kini, Anda tak perlu repot bertandang ke gerai aksesori laptop untuk membeli RAM dan software untuk laptop. Semua kebutuhan tersebut bisa Anda cari dengan mudah lewat situs jual beli online Tokopedia. Tunggu apalagi, segera kunjungi situs e-commerce terbesar di Indonesia itu untuk mendapatkan penawaran khusus. Belanja online, mudah, cepat, aman, dan nyaman ya hanya di Tokopedia. #MulaiAjaDulu di Tokopedia?