Playstation 5 Dirilis Setelah 2020?

Ilustrasi konsep Playstation 5 yang beredar di kalangan fans. (Istimewa)
12 April 2018 01:10 WIB Jafar Sodiq Assegaf Teknologi Share :

Solopos.com, TOKYO - Raksasa teknologi asal Jepang, Sony, sepertinya tak akan merilis konsol game terbarunya, Playstation 5, dalam waktu dekat. Bahkan, penerus Playstation 4 itu bakal hadir lebih lama dari prediksi sebelumnya, yakni 2020.

Konsol game PlayStation (PS) 4 pada tahun ini akan menginjak umur lima tahun. Sesuai tradisi, pihak Sony biasanya akan mulai mengembangkan konsol game pengganti jika sebuah konsol game sudah menyentuh umur lima tahun atau lebih.

Namun para penggemar konsol tersebut tampaknya harus kecewa. Pasalnya, menurut sebuah sumber yang cukup terpercaya, perusahaan asal Jepang tersebut tidak akan meluncurkan PS5 dalam waktu dekat ini.

Dilansir Kotaku, Rabu (11/4/2018), sumber tersebut menyebutkan jika Sony paling cepat akan meluncurkan PS5 pada 2020. Kabar ini seperti menampik semua prediksi ahli yang menyebutkan bahwa Sony memiliki kecenderungan untuk meluncurkan konsol terbarunya pada akhir 2018.

Begitu juga para ahli yang menyebutkan perangkat tersebut akan meluncur pada 2019 mendatang. “Pada proyek yang memakan beberapa tahun, banyak hal dapat terjadi untuk menggeser jadwal (perilisan) maju atau mundur,” ujar salah satu sumber.

“Pada titik tertentu, Sony mungkin melihat setiap kemungkinan tanggal. Ini semua tentang apa yang mereka anggap sebagai sweet spot terbaik dalam industri hardware,” lanjutnya.

Selain para penggemar konsol PS, para penggemar konsol Xbox milik Microsoft pun kini sedang menanti langkah selanjutnya dari Microsoft. Hal ini dikarenakan Xbox One telah beredar di kalangan gamer hampir selama lima tahun.

Sekedar informasi, Sony biasanya meluncurkan konsol terbaru mereka di rentang lima hingga tujuh tahun. PS1 meluncur pada 1994, kemudian disusul PS2 yang diluncurkan pada 2000. Perangkat tersebut kemudian digantikan oleh PS3 pada 2006.

Lalu, PS4 menggantikan kehadiran PS3 setelah meluncur sekira tujuh tahun kemudian, atau pada 2013.

Di sisi lain, Microsoft biasanya mengganti konsol mereka antara empat hingga delapan tahun. Xbox original diluncurkan pada 2001. Kemudian, perangkat tersebut digantikan dengan Xbox 360 pada 2005.

Pembaruan terakhir yang dilakukan Microsoft terhadap lini konsol mereka adalah pada 2013, dengan meluncurkan Xbox One. Ini berarti, Xbox 360 telah meraja lela di bidang konsol selama delapan tahun.