Instagram Segera Izinkan Pengguna Unduh Data Pribadi

Logo Instagram (wikimedia.org)
12 April 2018 19:15 WIB Chelin Indra Sushmita Teknologi Share :

Solopos.com, SOLO – Instagram sedang menyiapkan fitur yang memungkinkan pengguna mengunduh data secara mandiri. Nantinya, pengguna dapat mengunduh semua salinan konten yang pernah diunduh di Instagram.

Hal ini dilakukan setelah heboh skandal penyalahgunaan pengguna yang membelit Facebook.

Dilansir Tech Crunch, Rabu (11/4/2018), pihak Instagram segera merealisasikan rencana tersebut dalam waktu dekat. Sebab, pelanggan mengkhawatirkan keamanan data pribadi mereka yang disimpan pihak Instagram.

Mereka takut data tersebut akan bocor dan disalahgunakan pihak lain seperti yang terjadi pada kasus Facebook.

"Kami tengah mengembangkan fitur baru yang memungkinkan pengguna mengunduh data mereka termasuk foto, video, dan pesan yang dikirim melalui Instagram. Jadi, setiap pengguna bisa mengontrol sendiri informasi apa yang ingin dibagikan melalui Instagram," demikian pernyataan resmi yang disampaikan pihak Instagram.

Rencananya, fitur tersebut akan dirilis sebelum 25 Mei 2018. Kehadiran fitur ini diharapkan membantu Instagram mematuhi peraturan keamanan yang diterapkan di Eropa. Sayang, tidak dijelaskan pasti kapan perusahaaan media sosial terpopuler ini merilis fitur terbaru itu.

Saat ini, Instagram menjadi salah satu media sosial terpopuler yang memiliki lebih dari 800 juta pengguna. Platform ini dimanfaatkan untuk berbagi aktivitas melalui foto maupun video.