5 Cara Rawat Monitor Komputer Agar Panjang Umur

Ilustrasi komputer (Tiggarcomputer.com)
13 April 2018 18:40 WIB Chelin Indra Sushmita Teknologi Share :

Solopos.com, SOLO – Monitor merupakan piranti penting yang dimiliki komputer. Bayangkan saja, Anda tidak mungkin mengoperasikan komputer tanpa adanya monitor. Oleh sebab itu, Anda perlu memberikan  perhatian khusus pada perangkat keras yang satu ini.

Nah, bagaimana sih cara merawat monitor yang baik dan benar agar awet? Simak ulasan yang dihimpun Solopos.com dari Today, Senin (23/10/2017), di bawah ini:

Pasang screen guard

Screen guard merupakan lapisan pelindung dari bahan plastik yang sangat penting dipasang di monitor. Sesuai namanya, benda yang satu ini berfungsi melindungi monitor dari debu dan goresan yang mungkin timbul selama pemakaian. Selain itu, benda ini juga membantu meredam kecerahan layar yang berbahaya bagi mata.

Jauhkan dari magnet

Jauhkan monitor dari benda yang mengandung magnet. Sebab, magnet dapat mempengaruhi matriks dari layar yang menyebabkan kerusakan. Keberadaan benda yang mengandung magnet itu akan mengganggu kinerja dan memperpendek usia monitor.

Perhatikan suhu ruangan

Suhu ruangan juga sangat berpengaruh pada komponen komputer, termasuk monitor. Monitor berbentuk lcd dan led membutuhkan tempat yang sejuk dan lembap. Pasalnya, monitor jenis ini tidak akan bertahan lama dalam ruangan yang panas. Oleh sebab itu, perhatikan dengan seksama kelembapan udara pada ruangan tersebut jika ingin monitor tahan lama.

Jauhkan dari makanan dan minuman

Ada banyak orang yang memiliki kebiasaan makan dan minum di depan komputer. Hal itu dilakukan lantaran mereka merasa sulit meninggalkan pekerjaan. Padahal, kebiasaan itu membuat monitor cepat rusak. Menaruh minuman di dekat monitor ternyata cukup berbahaya. Sebab, jika air itu tumpah, maka akan memengaruhi kinerja monitor. Selain itu, gelombang yang dipancarkan monitor juga tidak baik bagi makanan dan minuman yang hendak dikonsumsi.

Bersihkan secara berkala

Terakhir, bersihkan monitor secara berkala. Anda bisa membersihkannya dengan kemoceng secara hati-hati. Pastikan tidak ada kabel yang tersambung untuk meminimalisir korsleting saat hendak membersihkan monitor dengan tisu atau kain basah. Tapi, jika sudah terlanjur korsleting, itu tandanya Anda harus segera beli monitor komputer baru.

Takut harganya mahal? Jangan khawatir, Anda bisa mendapat harga keyboard dan harga monitor termurah di toko-toko online Indonesia salah satunya Tokopedia.

Tenang saja, semua transaksi yang dilakukan di situs jual beli online ini terjamin keamanannya. Jadi, tunggu apalagi, beli dan bayar ini itu dengan mudah #MulaiAjaDulu dari Tokopedia.