Whatsapp Izinkan Pengguna Unduh Ulang Media Terhapus

Whatsapp (Whatsapp.com)
20 April 2018 08:20 WIB Chelin Indra Sushmita Teknologi Share :

Solopos.com, SOLO – Selama ini, aplikasi pesan online, Whatsapp, dianggap paling aman. Sebab, setiap pengguna bisa mengatur sendiri pemakaian aplikasi tersebut. Salah satu hal yang membuat aplikasi ini dipakai banyak orang adalah fitur grup. Fitur tersebut memungkinkan pengguna mengobrol dengan banyak orang sekaligus.

Biasanya, grup Whatsapp dipakai untuk membagikan berbagai informasi, mulai dari tulisan, gambar, hingga video. Banyaknya foto dan video yang masuk itu tak jarang membuat memori ponsel terkuras. Alhasil, kinerja ponsel akan melambat karena banyaknya gambar dan video yang terunduh.

Jika sudah begini, kebanyakan orang akan menghapus gambar dan video yang memenuhi ponsel. Tapi, ternyata gambar tersebut hanya terhapus dari perangkat Anda dan masih tersimpan si server Whatsapp. Jadi, Anda masih bisa mengambilnya kembali jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Lalu, bagaimana caranya?

Dihimpun Solopos.com dari The Star, Kamis (19/4/2018), setiap gambar, video, dokumen, atau catatan suara yang dikirim kemudian dihapus dari Whatsapp bisa dipulihkan. Fitur pemulihan ini tersedia bagi seluruh pengguna Whatsapp di perangkat Android.

Kabarnya, Whatsapp menyimpan gambar yang diterima selama 30 hari di server. Jadi, Anda bisa mengunduh kembali gambar yang sudah dihapus dari ponsel. Sementara untuk gambar yang Anda kirimkan biasanya disimpan dalam jangka waktu dua bulan. Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika dokumen yang hendak dikirim ulang terjapus.

Tapi, ada sejumlah pihak yang khawatir fitur terbaru ini akan merugikan. Sebab, fitur ini jelas memungkinkan Whatsapp menyimpan informasi pribadi dari setiap pengguna di server. Tapi, Anda tidak perlu khawatir karena setiap pesan yang dikirimkan melalui Whatsapp akan di-enskripsi.

Fitur enskripsi end to end di Whatsapp yang selalu aktif ini memastikan hanya Anda dan lawan bicara saja yang bisa membaca pesan. Pesan ini diamankan dengan kunci yang hanya diketahui oleh Anda dan si penerima.

Tokopedia