Mac OS dan IOS Bakal Dilebur?

Ilustrasi Mac OS dan IOS. (Dailysocial)
22 April 2018 15:45 WIB Jafar Sodiq Assegaf Teknologi Share :

Solopos.com, CUPERTINO - Beredar rumor yang menyebut dua sistem operasi Apple IOS  (untuk smartphone) dan Mac OS (untuk komputer/laptop) bakal dilebur menjadi satu. Tak berselang lama, CEO Apple, Tim Cook, mengklarifikasi kabar ini.

Pada akhir tahun lalu, tersebar warta bahwa Apple akan menggabungkan IOS dan Mac OS, yang akan memudahkan pengembang untuk membuat satu aplikasi yang berjalan di tiga perangkat sekaligus, yaitu Iohone, Ipad dan Mac.

Dalam wawancara yang diterbitkan Sydney Morning Herald sebagaimana dikutip Phone Arena, Kamis (19/4), Tim Cook mengatakan bahwa kedua sistem operasi tersebut "luar biasa," karena Apple mendorong keduanya untuk melakukan hal-hal yang mereka lakukan dengan baik. Penggabungan keduanya akan memaksa Apple, menurut Cook, menghadapi trade-off dan berkompromi.

"Mungkin perusahaan akan lebih efisien pada akhirnya, tapi bukan itu masalahnya. Ini tentang memberi orang hal-hal yang kemudian dapat mereka gunakan untuk membantu mereka mengubah dunia atau mengekspresikan kreativitas mereka," ujar Cook.

"Jadi, hal merger ini yang membuat sebagian orang terpaku, saya tidak berpikir itu yang diinginkan pengguna," tambah dia.

Hal ini nampaknya bertentangan dengan kabar yang sebelumnya berhembus bahwa Apple sedang mengerjakan sebuah rencana yang dinamai "Marzipan" yang dilaporkan terlibat menggabungkankode Mac OS dan IOS.

Tokopedia