Facebook Bikin Chipset Sendiri

Ilustrasi chip Facebook. (Istimewa)
22 April 2018 21:45 WIB Newswire Teknologi Share :

Solopos.com, NEW YORK - Di tengah polemik kasus Cambridge Analytica, Facebook rupanya masih sibuk mengembangkan dirinya. Dikabarkan, perusahaan pimpinan Mark Zuckerberg itu sedang membangun sebuah tim yang bertugas untuk merancang chipset sendiri.

Dilansir Suara.com mengutip Bloomberg, Sabtu (21/4/2018), informasi tersebut terungkap melalui sebuah lowongan kerja yang tertera di situs Facebook. Dalam lowongan tersebut, perusahaan tengah mencari seorang manajer untuk membangun end-to-end SoC/ASIC, firmware dan organisasi pengembangan driver.

Sebuah system on chip (SOC) berisi beberapa komponen terpisah yang dibangun menjadi satu bagian silikon. Komponen ini biasanya digunakan di perangkat seluler. Sementara ASIC adalah chip yang dirancang untuk tujuan tertentu. Komponen ini sering kali menjadi yang tercepat atau paling efisien dalam menjalankan sebuah software.

Sayangnya, lowongan tersebut tidak menyebutkan apakah seorang kandidat harus memiliki keahlian di bidang kecerdasan buatan (AI). Facebook dapat menggunakan chip buatan mereka sendiri untuk perangkat perangkat keras, perangkat lunak, dan server di pusat datanya. Perusaan media sosial tersebut dikenal memiliki perangkat VR, Oculus Go.

Langkah Facebook berarti menjadi momen di mana mereka bergabung dengan raksasa teknologi lainnya untuk mengembangkan chip. Sebelumnya, Apple sudah mengembangkan chip sendiri untuk produk mereka.

Tokopedia