Video Palsu Ajakan Mark Zuckerberg Hapus Facebook Ditonton 34 Juta Kali

CEO Facebook, Mark Zuckerberg (Fortune.com)
23 April 2018 09:10 WIB Newswire Teknologi Share :

Solopos.com, SOLO – Video palsu Mark Zuckerberg yang mengajak pengguna Facebook hapus akunnya ditonton oleh 34 juta kali. 

Video tersebut dibuat oleh Adrew Oleck yang bertahun-tahun lalu, sempat bertanya-tanya apakah dirinya bisa membuat video yang sifatnya viral. Pembesut film asal Los Angeles itupun membuat sebuah video Mark Zuckerberg.

Pada 1 April, Oleck merilis sebuah video satire berdurasi tiga menit yang berisi Mark Zuckerberg menyebut dirinya memutuskan untuk menghapus Facebook.

Video dengan judul A World Without Facebook merupakan video palsu berisi Mark Zuckerberg yang menjelaskan bagaimana berita hoaks membantunya memutuskan untuk menghapus Facebook secara keseluruhan.

Dilansir Gizmodo UK sebagaimana dikutip Liputan6.com, Minggu (22/4/2018), sejumlah orang percaya video tersebut asli. Padahal tampak jelas ada beberapa gerakan canggung dari Mark Zuckerberg.

Misalnya saja, bibir Zuckerberg tampak terlalu besar dan bergerak canggung. Si pembuat video tampaknya menggunakan aplikasi untuk menggabungkan antara bibir yang bergerak itu dengan wajah Mark Zuckerberg.

Tidak hanya itu, suara Mark Zuckerberg pun terdengar berbeda dan tidak natural, rupanya suara tersebut tak lain adalah suara Oleck.

"Saya ingin membuat sebuah video yang bisa ditonton dan dimengerti oleh orang-orang. Mungkin sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Dalam realita, mungkin akan sangat keren jika Facebook sudah tak terkendali dan dia harus menghapusnya," kata Oleck melancarkan kritik pada Facebook.

Video tersebut tidaklah mendadak tenar, buktinya pada hari-hari pertama, video palsu Mark Zuckerberg ini hanya ditonton 100.000 kali.

View video tersebut meningkat tajam setelah Zuckerberg ini memberikan keterangan di hadapan Kongres AS terkait penyalahgunaan data pengguna Facebook pada 10 dan 11 April lalu.

Selain ditonton lebih dari 34 juta kali, video tersebut diberi komentar hingga 60.000 komentar. Kebanyakan percaya bahwa Mark Zuckerberg akan menghapus Facebook.

Sumber : Liputan6.com