Remaja di Bawah 16 Tahun Dilarang Pakai Whatsapp

Ilustrasi Whatsapp (Lifewire.com)
26 April 2018 00:10 WIB Chelin Indra Sushmita Teknologi Share :

Solopos.com, SOLO – Whatsapp menerapkan aturan baru bagi para pengguna. Aturan ini merupakan batas minimum pengguna yang diperbolehkan menggunakan layanan tersebut. Pada mulanya, usia minimal pengguna adalah 13 tahun.

Dalam aturan terbaru, Whatsapp membatasi usia minimum pengguna adalah 16 tahun. Peraturan terbaru ini akan diterapkan di Eropa. Perubahan batas usia ini dilakukan guna memenuhi aturan privasi data terbaru yang diberlakukan pada Mei 2018 mendatang.

Dilansir The Verge, Rabu (25/4/2018), Whatsapp akan meminta pengguna di Eropa mengonfirmasi usia melalui aplikasi yang diunduh di smartphone masing-masing. Jika pengguna tidak memberikan konfirmasi, maka layanan Whatsapp-nya tidak akan berfungsi.

Whatsapp yang kini memiliki sekitar 1,5 miliar pelanggan menegaskan aturan tersebut dibuat bukan untuk kepentingan perusahaan. Mereka menjamin data yang dikirimkan pelanggan aman. "Aturan ini bukan untuk mengumpulkan data pengguna. Kami hanya menjalankan peraturan yang berlaku. Kami berusaha menjelaskan cara melindungi dan menggunakan informasi terbatas dari pelanggan," demikian pernyataan resmi dari pihak Whatsapp seperti dilansir Reuters.

Whatsapp yang diluncurkan pada 2009 ini mendapatkan banyak tekanan dari sejumlah negara di Eropa selama beberapa tahun terakhir. Sebab, sistem pesan enskripsi end to end yang ada di Whatsapp dikhawatirkan bocor kepada induknya, Facebook.

Perubahan peraturan ini diterapkan sesuai dengan Undang-Undang Perlindungan Data Umum Eropa (GDPR). GDPR adalah preombakan terbesar privasi online sejak kelahiran Internet. Peraturan ini memberi hak bagi warga Eropa tentang data apa yang mereka simpan. Bahkan, mereka diperbolehkan untuk menghapus data yang tidak ingin dibagikan.

Tokopedia