Xiaomi Komitmen Tak Ambil Untung Lebih dari 5 Persen

CEO Xiaomi, Lei Jun (Reuters)
30 April 2018 12:30 WIB Newswire Teknologi Share :

Solopos.com, SOLO – Perusahaan teknologi asal Tiongkok Xiaomi  berkomitmen menghadirkan produk berkualitas dengan harga terjangkau. Kepada penggunanya, mereka berjanji tidak akan mengambil untung lebih dari lima persen.

Komitmen dianggap merupakan pelaksanaan dari visi pendiri sekaligus CEO Xiaomi Lei Jun, yakni menghadirkan inovasi untuk semua orang.

Berdasarkan keterangan resmi Xiaomi, Minggu (29/4/2018), wujud nyata komitmen ini dibuktikan pada smartphone Mi 6X yang baru dirilis di Tiongkok.

Smartphone ini dijual sekitar Rp 3,5 jutaan. Meski terjangkau, Mi 6X ditopang dengan prosesor Snapdragon 660, kamera ganda 20MP, software AI terbaru untuk mendukung foto portrait yang lebih baik.

Xiaomi mengklaim, biasanya spesifikasi di atas dibenamkan pada perangkat yang harganya Rp 6,5 jutaan.

Untuk mengukuhkan janji, Xiaomi berkomitmen kalau ada keuntungan yang kisarannya lebih dari lima persen pada tahun tertentu, pihaknya akan mengembalikan margin tersebut kepada pengguna dengan cara-cara masuk akal.

Janji Xiaomi ini dilandasi tiga pilar pertumbuhan, yakni hardware yang inovatif dengan desain menarik, ritel yang efisien, dan beragam layanan Internet.

Xiaomi bisa menerapkan model bisnis ini karena mengembangkan sendiri layanan-layanannya. Misalnya OS MIUI dan berbagai aplikasi berguna yang dirancang mandiri oleh perusahaan.

"Sejak awal kami memulai bisnis dengan misi besar untuk mencapai inovasi, kualitas, desain, pengalaman pengguna, dan peningkatan efisiensi. Untuk menyediakan produk dan layanan teknologi terbaik dengan harga terjangkau," kata Lei Jun.

Meski demikian, ia tak menampik anggapan smartphone murah memiliki kualitas rendah memang ada di benak sejumlah konsumen. Akan tetapi, ia memastikan Xiaomi tak sekadar menjual perangkat murah, tetapi juga didukung dengan spesifikasi terbaik.

Tokopedia

Sumber : Liputan6.com