Kata "Promosi" Paling Banyak Dicari di Google Selama Ramadan

Ilustrasi Google search. (Istimewa)
04 Mei 2018 01:45 WIB Newswire Teknologi Share :

Solopos.com, JAKARTA - Berbelanja menjadi salah satu aktifitas yang dilakukan orang Indonesia saat Ramadan terutama usai menerima tunjangan hari raya (THR). Oleh karenanya ada sejumlah promo atau promosi mereka nantikan selama Ramadan.

"Karena adanya Ramadan dan Idul Fitri, banyak kebutuhan yang ingin dipenuhi. Mereka membutuhkan konten promosi," ujar Analis Industri dari Google Indonesia, Yudistira Adi Nugroho di Jakarta, dilansir Antara, Kamis (3/5/2018).

Lalu promosi apa yang paling banyak dicari? "Retail dan groceries, travel, gadget dan telecom. Anak-anak muda saat Ramadan ingin punya smartphone baru. Lalu promosi e-commerce dan promosi kartu kredit," papar Yudistira.

Menurut dia, volume pencarian kata kunci "promosi" akan meningkat di Google seminggu sebelum Ramadan, minggu pertama Ramadan dan minggu ketiga Ramadan.

"Volume pencariannya 40 persen lebih tinggi dibanding bulan biasanya. Mengapa mencari promosi? menurut survei, Ramadan pengeluaran lebih banyak misalnya untuk takjil, membeli kosmetik, baju baru untuk diri sendiri dan saudara. Ini pengeluaran tambahan," papar Yudistira.

Hasil ini merupakan riset dari Google dan Asian Consumer Intelligence beberapa waktu lalu. Untuk keperluan riset, Google bekerjasama dengan lembaga riset strategis itu melalukan survey pada 500 orang responden dan mewawancarai 20 orang lainnya di Indonesia.

Tokopedia