Twitter Minta Seluruh Pengguna Ganti Password, Ada Apa?

Logo Twitter (Mediaweek)
04 Mei 2018 13:30 WIB Newswire Teknologi Share :

Solopos.com, SOLO – Twitter mengumumkan kepada para penggunanya untuk mengganti kata sandi alias password. Pengumuman tersebut disampaikan Twitter melalui notifikasi resmi.

Pengguna bertanya-tanya apa maksud Twitter menyarankan hal tersebut. Dilansir Liputan6.com dari The Verge, Jumat (4/5/2018), ternyata perusahaan menemukan bug di sistemnya.

Setelah melakukan investigasi, Twitter memastikan tak ada kebocoran atau masalah penyalahgunaan password yang ditimbulkan bug ini. Meski dianggap tak berbahaya, perusahaan tetap menyarankan pengguna mengganti password-nya.

Tindakan ini diambil untuk mencegah hal-hal yang mungkin terjadi. Tak hanya di situs resmi Twitter, pengguna yang memakai password serupa untuk aplikasi pihak ketiga lain juga diminta untuk melakukan penggantian kata kunci.

Twitter menyebut bug ini terjadi karena ada masalah dalam proses hashing yang berfungsi melindungi kata sandi. Jadi, bug ini mengubah proses hashing yang harus dilakukan menjadi karakter string acak yang ada di sistem Twitter.

Password yang dimiliki pengguna tersimpan dalam teks biasa di log internal dan tak tertutup. Twitter sendiri mengungkap telah menemukan bug dan menghapus seluruh kata sandi yang tersimpan.

Twitter hingga kini belum mengungkap jumlah pengguna yang terdampak bug ini. Namun, mengingat perusahaan meminta hampir seluruh pengguna mengganti password-nya, besar kemungkinan pengguna yang terdampak bug ini cukup besar

Sumber : Liputan6.com