Deretan Fitur Baru Instagram

Instagram - Istimewa
05 Mei 2018 08:10 WIB Dhiany Nadya Utami Teknologi Share :

Solopos.com, JAKARTA - Mark Zuckerberg di ajang tahunan F8 yang digelar di San Jose mengumumkan fitur-fitur baru dan rencana pengembangan Facebook dan platform-platform lain yang berada di bawah bendera Facebook Inc.

Instagram yang diketahui berada di bawah naungan Facebook juga tak mau kalah mengumumkan beberapa perubahan yang akan hadir. Cukup banyak pembaruan untuk platform yang banyak digandrungi kaum milenial ini, sayangnya tidak termasuk pengaturan kembali algoritma linimasa ke urutan kronologis waktu posting penggunanya seperti yang banyak diminta para Instagrammers.

Berikut beberapa pembaruan yang tengah digarap tim Instagram yang dirangkum Bisnis dari laman resmi Instagram, Sabtu (5/5/2018):

1. Berbagi Lebih Banyak ke Instagram Stories
Instagram agaknya menyadari pola postingan para penggunanya, misalnya belakangan banyak yang menggunggah potongan lagu yang mereka dengar dari Spotify ke Instagram Stories atau foto-foto aksi mereka dari Go Pro.

Kini tanpa perlu lagi susah-susah memasukkan foto atau merekam lagu yang ingin dibagikan, pengguna dapat langsung menggunggahnya ke Instagram Stories dengan menekan tombol “Share” yang ada pada aplikasi Spotify atau Go Pro dan secara otomatis tampilan muka aplikasi langsung muncul di kamera Instagram.

Selanjutnya, seperti proses mengunggah Stories biasa, pengguna dapat mengedit tampilannya menggunakan berbagai fitur lain seperti stiker atau GIF dan menambahkannya ke Stories mereka atau mengirimkannya via Direct Message. Sementara ini baru Spotify dan Go Pro yang mendukung fitur ini, tetapi Instagram berjanji akan segera menambah aplikasi lain untuk fitur satu ini.

2. Berbagai Efek Baru untuk Stories
Tampaknya Instagram benar-benar serius menggarap fitur yang menjadi saingan Snapchat ini. Selain mengumumkan cara baru berbagi Stories, Instagram juga menambah efek baru yakni Augmented Reality (AR) Camera Effect.

Instagram mengizinkan para pembuat konten pihak ketiga menggunakan AR Studio untuk membuat desain-desain yang unik serta interaktif menggunakan termasuk filter wajah, untuk para followers mereka di Instagram.

Ketika pengguna melihat filter baru pada postingan Stories yang mereka ikuti dan ingin mencobanya juga, pengguna cukup menekan ikon Try it On dan filter tersebut akan otomatis hadir di pilihan filter Storiesnya.

Menariknya, Instagram juga berkolaborasi dengan akun-akun favorit di dunia untuk membuat filter kreatif khas mereka di antaranya Ariana Grande, Baby Ariel, Liza Koshy, Vogue, dan Buzzfeed.

3. Obrolan Video
Setelah sebelumnya menambah fitur Grup Chat pada Direct Message, kini Instagram memperkayanya dengan fitur obrolan video. Para pengguna dapat bercakap-cakap menggunakan video secara real-time satu sama lain. Menurut Instagram, meski para penggunanya menyukai fitur “Live” tapi mereka tetap menginginkan fitur video yang lebih privat dan dua arah.

Untuk menggunakan fitur ini pengguna hanya perlu menekan ikon kamera yang ada di bagian atas kolom Direct Message dan memulai panggilan video baik secara satu per satu maupun langsung dalam grup kecil sekaligus. Pengguna juga dapat me-minimize video sambil melakukan kegiatan lain di Instagram.

4. Tampilan Baru “Explore”
Instagram mendesain ulang kanal Explore dalam platform mereka. Versi terbaru ini akan menampilkan konten rekomendasi sesuai kategori kumpulan topik yang relevan, sehingga pengguna dapat dengan mudah menelusuri minat mereka.

Berdasarkan prototipe Explore terbaru di laman resmi Instagram, terlihat di bawah kolom “Search” tak lagi diisi oleh barisan Stories tetapi berisi ikon-ikon berbagai topik yang mungkin diminati oleh pengguna dan diikuti oleh barisan tagar yang relevan.

Menurut Instagram, saat ini fitur Video Chat dan Explore terbaru tengah dalam masa uji coba dan dijanjikan akan segera rilis dalam waktu dekat.

Sumber : Bisnis.com