Startup Kita: Inilah Deretan Coworking Space di Kota Solo

Ilustrasi coworking space (Freepik.com)
06 Mei 2018 22:41 WIB IDSF Solo Teknologi Share :

#StartupKita merupakan hasil kerja sama Solopos.com dengan Indonesia Start Up Founder (IDSF) Chapter Solo. IDSF Solo merupakan komunitas yang beranggotakan pegiat start up di wilayah Soloraya.

Solopos.com, SOLO -- Terpikirkah di benak kita tentang suatu tempat kerja di mana kita bisa bertemu, sharing atau berkolaborasi dengan pegawai, entrepreneur, pelaku UKM maupun pegiat startup di dalam satu kantor?

Kantor yang memiliki akses internet, kopi atau teh gratis dan ruangan yang nyaman?
Tahukah Anda mengenai model tempat kerja seperti itu?

Akivitas di Dilo Solo (@dilo_solo)

Jika iya, berarti Anda telah mengenal konsep dari kantor bersama atau di zaman sekarang kita menyebutnya Coworking Space.

Coworking space di Kota Solo terbilang cukup baik pertumbuhannya dilihat dari adanya kantor bersama tersebut yang tersebar di tiap sisi kota.

Mulai dari yang gratis dan berbayar dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan. Fasilitas tersebut meliputi Akses wifi, ruangan yang fleksibel, kopi dan teh serta bean bag untuk kita beristirahat.

Aktivitas di RKB Solo (@rumahkreatifsolo_official)

Kalau kita mau berkeliling kota untuk mencari kantor bersama tersebut, kita bisa datangi DILo Solo yang berada di daerah Punggawan, Banjarsari.

Ada juga Apiary yang ada di dekat Solo Paragon, Rumah Kreatif BUMN Solo di Manahan, Solo Technopark yang berada di belakang kampus UNS atau Seruang Coworking Space di Jebres.

Aktivitas di Seruang (@se.ruang)

Ada juga Pakem yang berada tepat di Lantai II Pasar Kembang. Tentunya kita bisa memilih mana tempat yang kita ingin kunjungi dan pakai sesuai dengan kebutuhan kita.

Aktivitas di Solo Technopark (@solotechnopark.official)

Coworking space mengedepankan prinsip kolaborasi dan kerjasama. Jadi tidaklah mengherankan apabila kita pergi ke suatu coworking space bisa meningkatkan kinerja kita maupun usaha kita.

Aktivitas di Apiary (@apiary.coworking)

Hasil riset https://weco.com.au/, coworking space mampu meningkatkan komunitas sosial sebanyak 86%, memberikan dorongan sebesar 80% untuk pengembangan jaringan bisnis, 70% lebih produktif, 71% lebih kreatif.

Dengan coworking space kita bisa menghemat biaya awal untuk membuat kantor sendiri dimana kita harus mencari gedung yang dikontrakan / dijual, furnitur, dekorasi, akses internet dan lainnya yang pastinya menekan dana kita diawal.

Kita hanya membutuhkan dana yang cukup kita alokasikan untuk menyewa suatu coworking space dan sudah bisa mendapatkan fasilitas dan akses yang menarik.

Ditulis oleh: Victor Pundhi Anugrah. Pengurus ID Startup Founder. Pengelola VCL (ig: Victorycreativelearning) email:  vcreativelearning@gmail.com