Penjelasan Whatsapp Eror Akibat Tombol Hitam

Pesan berantai yang membuat Whatsapp eror (Youtube)
07 Mei 2018 20:35 WIB Chelin Indra Sushmita Teknologi Share :

Solopos.com, SOLO – Whatsapp merupakan aplikasi pesan online yang paling banyak dipakai. Aplikasi ini digemari karena diklaim paling aman dibandingkan pesaingnya. Beberapa waktu lalu, pengguna Whatsapp dibuat heboh dengan pesan berantai yang berisi gambar lingkaran hitam lengkap dengan tulisan, "don't touch here." Isi pesan berantai itu akan membuat aplikasi eror ketika gambar lingkaran hitam itu disentuh.

Meski banyak dugaan isi pesan itu hoaks, tak sedikit pula yang telah membuktikan kebenaran isi pesan berantai tersebut. Aplikasi Whatsapp memang langsung berhenti setelah gambar lingkaran hitam dalam pesan itu disentuh. Namun, hal ini hanya berlaku bagi pengguna Android. Jadi, Anda yang menggunakan Whatsapp dari perangkat Ios maupun komputer tidak akan mendapati aplikasi Whatsapp eror akibat mengeklik lingkaran hitam di pesan berantai itu. Mengapa demikian?

Dikutip dari Gadget Cubes, Senin (7/5/2018), gambar lingkaran hitam dalam pesan itu merepresentasikan format kode pemrogaman. Jadi, ada ribuan karakter berupa huruf, angka, dan simbol, yang terkandung di dalamnya. Jika diklik, kode tersebut akan membebani kinerja Whatsapp yang membuatnya berhenti selama beberapa saat. Sebab, Whatsapp dipaksa menayangkan ribuan karakter secepat mungkin yang akhirnya membuat kinerja aplikasi tersebut terganggu.

Biasanya, Whatsapp mengatasi pesan yang terlalu panjang dengan memberikan tulisan baca selengkapnya. Hal ini dimaksudkan agar ponsel menayangkan sedikit karakter dalam waktu singkat yang tidak membebani.

Tapi, jika Anda terlanjur mengeklik gambar lingkaran hitam di pesan berantai itu tidak perlu khawatir. Kinerja Whatsapp memang akan berhenti beberapa saat. Tapi, Anda bisa menggunakannya kembali setelah aplikasi itu tertutup beberapa menit kemudian.