Google Luncurkan Fitur Khusus Atasi Kecanduan Gadget

Iluastrasi orang yang kecanduan gadget (Youtube)
09 Mei 2018 01:10 WIB Chelin Indra Sushmita Teknologi Share :

Solopos.com, SOLO – Google mengumumkan fitur terbaru yang memungkinkan pengguna mengatur tenggat penggunaan gadget. Fitur bernama family link ini diklaim dapat membantu pengguna yang kecanduan gadget. Pengumuman itu disampaikan dalam acara pembukaan Google I/O 2018 yang digelar di Shoreline Amphitheatre, Mountain View, California, Amerika Serikat, Selasa (8/5/2018).

Dilansir Cnet, Google I/O merupakan pertemuan pengembangan tahunan yang diadakan oleh perusahaan teknologi asal Amerika Serikat itu Dalam pertemuan itu, Google membahas soal rencana peluncuran fitur family link. Kabarnya, fitur ini bisa dipakai oleh orang tua untuk membatasi akses perangkat Google bagi anak-anak, khususnya yang berusia di bawah 12 tahun.

Rencana peluncuran fitur family link itu disampaikan langsung oleh CEO Google, Sundar Pichai. Menurutnya, fitur teranyar itu bisa diakses oleh semua kalangan. Fitur ini diluncurkan sebagai bentuk tanggung jawab Google terhadap kemajuan dunia teknologi.

Ini bukan kali pertama bagi Google membuat fitur untuk memantau penggunaan gadget. Sebelumnya, Google pernah menawarkan fitur serupa family link yang memungkinkan orang tua membatasi penggunaan gadget oleh anak-anak. Adapun caranya dengan mengunci perangkat dari jarak jauh.

Selain fitur baru, pengumuman lain yang disampaikan di acara Google I/O 2018 adalah pembaruan asisten Google yang lebih interaktif. Pembaruan ini memudahkan pengguna mengakses perangkat. Sayang, tidak dijelaskan dengan detail pembaruan apa yang dibuat oleh Google.