Karakter Animasi 3D Jadi Penunjuk Jalan di Google Maps

Ilustrasi navigator Google Maps terbaru (Vrfocus.com)
11 Mei 2018 03:30 WIB Chelin Indra Sushmita Teknologi Share :

Solopos.com, SOLO – Google terus meningkatkan kualitas demi kepuasan pelanggan. Salah satu upaya peningkatan layanan ini dilakukan dengan merilis fitur terbaru untuk Google Maps. Layanan peta digital ini bakal dilengkapi dengan teknologi mutakhir, yakni realitas tertambah alias augmented reality (AR).

Fitur terbaru dalam Google Maps itu diumumkan lewat acara tahunan Google, Google I/O 2018, yang digelar di Mountain View, Califoria, Amerika Serikat, Rabu (9/5/2018). Dilansir Tech Crunch, fitur baru di Google Maps ini memperkuat tampilan visual atau yang disebut dengan visual positioning system (VPS).

Tokopedia

Tampilan VPS di Google Maps ini menggabungkan teknologi AR, street view, dan navigasi. VPS menggeser fungsi standar Google possitioning system (GPS) dan sensor kompas dengan melibatkan kamera smartphone untuk mengidentivikasi komponen visual di sekitar pengguna. Jadi, navigasi lewat smartphone bakal terasa lebih nyata dan informatif.

Kehadiran fitur terbaru itu diklaim semakin membuat pengguna Google Maps merasa nyaman. Sebab, pengguna tak lagi melihat peta biasa, melainkan gambar yang lebih nyata. Adapun yang berperan sebagai navigator adalah karakter animasi berbentuk tiga dimensi.

Selain petunjuk arah, model AR di Google Maps itu membantu pengguna mengidentifikasi tempat-tempat terdekat. Google Maps juga memberikan jendela baru dengan nama for you. Jendela ini akan menampilkan berbagai informasi yang sesuai dengan minat pengguna.

Tak ketinggalan, Google menambahkan fitur sosial ke Google Maps. Jadi, pengguna bisa mengajak teman lainnya untuk pergi ke suatu tempat dengan arahan Google Maps. Semua fitur baru di Google Maps akan hadir di Android dan Ios dalam waktu dekat. Namun, belum diketahui pasti kapan tanggal peluncuran resminya.